Pesan Presiden China ke Trump: Kerjasama merupakan pilihan terbaik bagi China dan AS



KONTAN.CO.ID - BEIJING. Presiden China Xi Jinping mengatakan, sejarah menunjukkan bahwa kerjasama merupakan pilihan terbaik bagi China dan Amerika Serikat (AS). Pernyataan tersebut disampaikan Xi Jinping, Selasa (2/1) dalam pesan selamat kepada Presiden AS Donald Trump untuk menandai 40 tahun pembentukan hubungan diplomatik kedua negara.

Kedua negara saat ini terlibat gencatan senjata dalam perang perdagangan, dan berupaya mengadakan pembicaraan untuk mencoba serta mengakhiri perselisihan yang membuat mereka menaikkan tarif impor satu sama lain.

Dalam pesannya kepada Trump, Xi mengatakan, hubungan China-AS telah mengalami pasang surut dan membuat kemajuan bersejarah selama empat dekade terakhir. Ini telah membawa manfaat besar bagi kedua bangsa dan telah memberikan kontribusi besar bagi perdamaian dunia, stabilitas dan kemakmuran.

"Sejarah telah membuktikan bahwa kerja sama adalah pilihan terbaik bagi kedua belah pihak," kata Xi seperti dikutip kantor berita Xinhua yang dilansir Reuters.

Xi menambahkan, hubungan Tiongkok-AS saat ini sedang dalam tahap penting. Menurut Xi, ia sangat mementingkan pengembangan hubungan China-AS dan bersedia bekerja sama dengan Trump untuk merangkum pengalaman dalam pengembangan hubungan tersebut.

"Kami akan mengimplementasikan konsensus yang telah kami capai dalam upaya bersama untuk memajukan hubungan China-AS yang menampilkan koordinasi, kerjasama, dan stabilitas sehingga lebih bermanfaat bagi kedua bangsa dan juga orang-orang dari seluruh dunia,” kata Xi.

Editor: Khomarul Hidayat