Pesawat Batal Terbang akibat Erupsi Gunung Lewotobi, Penumpang Beralih Naik Kapal



KONTAN.CO.ID - Sejumlah penerbangan menuju dan dari Bandara Fransiskus Xaverius Seda Maumere, Kabupaten Sikka, NTT, dibatalkan akibat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki di Kabupaten Flores Timur. 

Kondisi ini menyebabkan sejumlah penumpang pesawat terpaksa memilih menggunakan moda transportasi laut. 

Kepala PT. Pelayaran Nasional Indoensia (Pelni) Cabang Maumere, Daulat Apul Gervasius Naibaho mengatakan, terjadi lonjakan penumpang pada Jumat (5/7/2024). 


Saat itu, KM Siguntang hendak menuju Lewoleba dan Kupang. Biasanya, penumpang yang naik dari Maumere sebanyak 600 penumpang. 

Baca Juga: Terkena Dampak Erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki Wings Air Batal Terbang

"Namun pada tanggal tersebut jumlah penumpang yang naik dari Maumere sebanyak 1.062 orang. Jadi pengaruh (dampak erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki) sangat terlihat," ujar Apul saat dihubungi, Senin (8/7/2024).

Apul mengimbau para penumpang tetap mengikuti aturan yang sudah ada. 

Apalagi, berkaca dari peristiwa sebelum ada penumpang yang terlambat naik kapal, lalu memaksakan diri untuk naik. Kondisi ini tentu sangat membahayakan keselamatan penumpang. 

Dia meminta penumpang yang hendak bepergian dengan kapal Pelni agar membeli tiket jauh-jauh hari menggunakan aplikasi Pelni Mobil yang bisa diunduh melalui Play Store. 

Kemudian, bagi masyarakat yang hendak membeli tiket di loket kantor Pelni, siapkan kartu debit atau kartu kredit karena sistem pembayaran sudah cashless (tanpa uang tunai) kecuali untuk layanan tambahan AddOn. 

"Sesuaikan kedatangan di pelabuhan dengan jadwal keberangkatan kapal. Jangan sampai terlambat," pintanya. 

Kepala Seksi Teknik Operasi Keamanan dan Pelayanan Darurat Bandara Fransiskus Xaverius Seda Maumere, Arif Budiman Wicaksono mengatakan, pembatalan sejumlah penerbangan merupakan kewenangan pihak maskapai. 

"Secara teknis bandara beroperasi normal, untuk penerbangan semuanya tergantung pada kondisi alam dan keputusan airline," pungkasnya. 

Adapun hingga saat ini status Gunung Lewotobi Laki-laki masih level III siaga. Hampir setiap hari gunung tersebut mengalami erupsi disertai lontaran abu vulkanik.

Baca Juga: Terdampak Erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki, Bandara di Maumere Ditutup

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pesawat Batal Terbang akibat Erupsi Lewotobi Laki-laki, Penumpang Beralih Pakai Kapal", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati