Pesawat bomber China Xian H-6 dan Y-20, tampak siaga di dekat perbatasan



KONTAN.CO.ID - BEIJING. China diduga telah mengerahkan pesawat pembom strategis di dekat perbatasannya dengan India di tengah pertempuran yang sedang berlangsung antara kedua negara.

Melansir South China Morning Post, dalam foto-foto yang diterbitkan pada hari Selasa di akun media sosial resmi Komando Teater Pusat Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), setidaknya tiga pembom Xian H-6 dan sebuah airlifter Xian Y-20 tampak terparkir di sebuah lapangan udara yang diduga berada di wilayah otonom Tibet.

Teks yang menyertai gambar di Weibo menunjukkan, awak darat telah ditempatkan di pangkalan "dataran tinggi", sebuah deskripsi yang biasanya dikaitkan dengan Tibet.

Mereka telah ditugaskan untuk memelihara dan mengisi bahan bakar pesawat, kata keterangan tersebut.

Baca Juga: Menlu China: India menembak lebih dulu, guncang ketenangan perbatasan sejak 1975

Di antara pesawat yang dapat diidentifikasi dari gambar tersebut adalah pembom H-6H, yang memiliki jangkauan tempur 2.500 km (1.550 mil) dan dapat membawa rudal jelajah udara-ke-darat atau anti-kapal yang berat.

Sementara itu, pada hari Rabu, satu brigade dari Angkatan Darat Grup ke-77 di bawah Komando Teater Barat PLA mengatakan mereka telah mengambil bagian dalam latihan pertahanan udara tembak-menembak di "gurun barat laut". Frasa tersebut sering digunakan untuk merujuk ke Xinjiang, wilayah barat Cina dekat dengan perbatasannya dengan Ladakh India, tempat perselisihan itu terjadi.

Baca Juga: Perbatasan dengan China panas lagi, India: Mereka yang menembakkan peluru ke udara

Perilisan pernyataan dan gambar muncul setelah konflik perbatasan antara China dan India meningkat pada hari Senin, dengan kedua belah pihak masing-masing menuduh yang lain melepaskan tembakan terlebih dulu di wilayah perbatasan. 

Selanjutnya: Tensi India dan China memanas, Tencent tidak lagi bisa meluncurkan PUBG di India

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie