Pesona Wadah Warna Warninya Memudar, Tupperware Ajukan Bangkrut!



KONTAN.CO.ID - Tupperware Brands mengajukan perlindungan kebangkrutan di Delaware pada Selasa (17/9/2024) malam. 

Langlah ini dilakukan setelah Tupperware mengalami kerugian yang terus meningkat akibat permintaan yang rendah untuk wadah penyimpanan makanan berwarna-warni yang dulu populer.

Melansir Reuters, kepopuleran Tupperware meledak pada tahun 1950-an ketika para wanita dari generasi pascaperang mengadakan "pesta Tupperware" di rumah mereka untuk menjual wadah tersebut karena mereka mencari pemberdayaan dan kemandirian.


Namun, penjualannya merosot dalam beberapa tahun terakhir karena perusahaan tersebut berjuang untuk menempatkan lebih banyak produknya di toko ritel dan platform penjualan daring. 

Menurut perusahaan, Tupperware secara historis mengandalkan perwakilan penjualan independen untuk memasarkan produknya, tetapi strategi itu gagal menjangkau konsumen modern.

"Hampir semua orang sekarang tahu apa itu Tupperware, tetapi lebih sedikit orang yang tahu di mana menemukannya," tulis Kepala Restrukturisasi Tupperware Brian Fox dalam pengajuan pengadilan di Pengadilan Kepailitan AS untuk Distrik Delaware. 

Tupperware bulan lalu meragukan kemampuannya untuk tetap menjalankan bisnis setelah beberapa kali mengisyaratkan risiko kebangkrutan karena kendala likuiditas.

Baca Juga: Tupperware Mengaku Tetap Beroperasi Selama Proses Kebangkrutan

Berdasarkan berkas pengadilan, Tupperware memiliki utang sebesar US$ 812 juta, yang sebagian besar dibeli oleh investor utang yang tertekan dengan diskon besar pada bulan Juli. 

Para pemberi pinjaman baru tersebut telah berupaya menggunakan posisi utang mereka untuk menyita aset Tupperware termasuk kekayaan intelektualnya seperti mereknya, yang mendorong perusahaan untuk mencari perlindungan kebangkrutan, kata Tupperware.

Perusahaan bermaksud untuk melanjutkan operasi dan melakukan proses penawaran selama 30 hari untuk menemukan pembeli bagi seluruh perusahaan.

"Bahkan dengan neraca yang baru-baru ini direstrukturisasi dan dorongan keuangan sementara, leverage Tupperware yang tinggi, penjualan yang menurun, dan margin keuntungan yang menyusut terlalu berat untuk diatasi," kata James Gellert, ketua eksekutif di firma analisis keuangan RapidRatings.

Perusahaan tersebut telah berusaha untuk membalikkan keadaan bisnisnya selama bertahun-tahun setelah melaporkan beberapa kuartal penjualan yang menurun.

Lonjakan biaya tenaga kerja, pengiriman, dan bahan baku seperti resin plastik pascapandemi juga menekan bisnis Tupperware. 

Baca Juga: Tupperware Semakin Dekat Menuju Kebangkrutan, Telah Berdiri Sejak 1946

Tupperware memiliki perkiraan aset sebesar US$ 500 juta hingga US$ 1 miliar dan perkiraan kewajiban sebesar US$ 1 miliar hingga US$ 10 miliar, menurut pengajuan kebangkrutan. 

Pada tahun 2023, perusahaan tersebut telah menyelesaikan perjanjian dengan pemberi pinjamannya untuk merestrukturisasi kewajiban utangnya dan menandatangani bank investasi Moelis & Co untuk membantu mengeksplorasi opsi strategis.

Selanjutnya: Jual Separuh Saham SILO, Lippo Karawaci (LPKR) Kantongi Dana Segar Rp 6,88 Triliun

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie