Petinggi BUMN yang dianggap sosok penting mengubah BUMN jelang industri 4.0



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah badan usaha milik negara (BUMN) mampu beradaptasi menghadapi revolusi industri 4.0. Perkembangan teknologi dinilai membuat perusahaan pelat merah perlu memanfaatkan teknologi.

Hal itu membuat BUMN mampu bersaing dengan industri yang lebih besar. "Saat ini digital marketing sudah menjadi hal yang biasa dilakukan di lingkungan BUMN, walau pun masih banyak yang belum menemukan pola yang tepat," ujar Pendiri Rumah Perubahan, Rhenald Kasali saat pembukaan BUMN Branding & Marketing Award 2018, Rabu (21/11).

Teknologi dinilai merubah BUMN termasuk dari sisi Sumber Daya Manusia (SDM). Peremajaan SDM diperlukan sebagai sumber masa depan yang membawa teknologi untuk menciptakan produk baru.


Sejumlah perusahaan yang telah berhasil dinilai patut diapresiasi. Rhenald yang juga ketua dewan juri BUMN Branding & Marketing Award 2018 bilang geliat transformasi yang mulai tumbuh merupakan modal yang baik bagi BUMN.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh penyelenggara BUMN Branding & Marketing Award 2018 yaitu BUMN track. Pemimpin redaksi BUMN track, Akhmad Kusaeni juga mengungkapkan pentingnya sosok pemimpin untuk merubah BUMN menjelang industri 4.0.

"Dalam menghadapi industri 4.0 dengan perubahannya yang sangat cepat dibutuhkan pemimpin yang cakap," terang Akhmad.

Oleh karena itu dalam BUMN Branding & Marketing Award 2018 diberikan penghargaan bagi Credit Marketing Officer (CMO). CMO yang mendapatkan penghargaan dinilai mampu menggiring perusahaan menuju perusahaan berkelas internasional.

Penerima penghargaan CMO terbaik tersebut antara lain adalah:

1. Widjajanto, Direktur Bisnis Produk Pertahanan Keamanan PT Pindad (Persero), The Best CMO BUMN sektor Agro, Manufacturing, and mining.

2. Pikri Ilham Kurniansyah, Direktur Niaga PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk., The Best CMO BUMN sektor service, transportation, logistics, and energy.

3. Harianto Widodo, Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk PT Pegadaian (Persero), The Best CMO BUMN sektor financial and hospitality.

4. Andria Nusa, Director of Sales & Marketing PT Pertamina Lubricants, The Best CMO anak perusahaan BUMN sektor Agro, Manufakturing, and Mining.

5. Ary Hendriyanto, Direktur Komersial dan Pengembangan Bisnis PT Pelabuhan Tanjung Priok, The Best CMO anak perusahaan BUMN sektor service, transportation, logistics, and energy.

6. Budi Satria Dharma Purba, CMO PT Telekomunikasi Indonesia International, The Best CMO anak perusahaan BUMN sektor service, transportation, logistics, and energy.

7. Muhammad S. Fauzani, Direktur Keuangan dan SDM PT Patra Jasa, The Best SMO anak BUMN sektor financial and hospitality

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto