Masoud Pezeshkian Menang Pemilu Iran: Awal Perubahan dan Tantangan Baru



KONTAN.CO.ID - DUBAI - Masoud Pezeshkian, seorang moderat relatif, meminta rakyat Iran pada hari Sabtu untuk tetap bersamanya di "jalan sulit yang akan datang" setelah mengalahkan saingan garis kerasnya untuk memenangkan pemilihan presiden Iran.

Pemilihan putaran kedua pada hari Jumat adalah antara Pezeshkian, satu-satunya moderat dalam empat kandidat asli, dan mantan negosiator nuklir garis keras Saeed Jalili.

Pezeshkian, seorang ahli bedah jantung berusia 69 tahun, telah berjanji untuk mempromosikan kebijakan luar negeri yang pragmatis, meredakan ketegangan atas negosiasi yang terhenti dengan kekuatan besar untuk menghidupkan kembali kesepakatan nuklir 2015, serta meningkatkan prospek liberalisasi sosial dan pluralisme politik.


Baca Juga: Hezbollah Meluncurkan 200 Roket dan Sejumlah Drone ke Pangkalan Militer Israel

Namun, banyak orang Iran skeptis tentang kemampuannya untuk memenuhi janji kampanyenya karena Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, bukan presiden, adalah otoritas tertinggi di Republik Islam.

"Rakyat Iran yang terhormat, pemilihan telah berakhir, dan ini hanyalah awal dari kerja sama kita. Jalan sulit ada di depan. Hanya bisa mulus dengan kerjasama, empati, dan kepercayaan Anda," kata Pezeshkian dalam sebuah posting di platform media sosial X.

"Saya mengulurkan tangan saya kepada Anda dan bersumpah atas kehormatan saya bahwa saya tidak akan meninggalkan Anda di jalan ini. Jangan tinggalkan saya."

Partisipasi pemilih hampir mencapai 50% dalam pemilihan Jumat, menyusul partisipasi yang sangat rendah dalam putaran pertama pemungutan suara pada 28 Juni, ketika lebih dari 60% pemilih Iran abstain. Pemilihan ini diadakan setelah Presiden Ebrahim Raisi tewas dalam kecelakaan helikopter pada bulan Mei.

Baca Juga: Israeli Strike Kills a Senior Hezbollah Commander in South Lebanon

Pezeshkian berhasil menang dengan konstituen - yang intinya diyakini sebagian besar kelas menengah perkotaan dan kaum muda - yang telah sangat kecewa dengan tindakan keras keamanan selama bertahun-tahun yang membungkam perbedaan pendapat publik dari ortodoksi Islam.

Video di media sosial menunjukkan pendukungnya menari di jalanan di banyak kota dan kota kecil di seluruh negeri dan pengemudi membunyikan klakson mobil untuk merayakan kemenangannya.

Kemenangan Pezeshkian meningkatkan harapan akan pencairan hubungan Iran dengan Barat yang mungkin menciptakan peluang untuk meredakan sengketa nuklirnya dengan kekuatan dunia.

Pemilihan ini bertepatan dengan meningkatnya ketegangan regional akibat konflik antara Israel dan sekutu Iran, Hamas di Gaza dan Hizbullah di Lebanon, serta meningkatnya tekanan Barat terhadap Iran atas program nuklirnya yang berkembang pesat.

Di bawah sistem ganda pemerintahan ulama dan republik Iran, presiden tidak dapat melakukan perubahan kebijakan besar pada program nuklir Iran atau dukungan untuk kelompok milisi di seluruh Timur Tengah, karena Khamenei mengendalikan semua kebijakan negara bagian atas.

Namun, presiden dapat mempengaruhi nada kebijakan Iran dan akan terlibat erat dalam pemilihan pengganti Khamenei, yang kini berusia 85 tahun.

Didukung oleh kubu reformis Iran yang dipimpin oleh mantan Presiden Mohammad Khatami, Pezeshkian setia pada pemerintahan teokratis Iran dan tidak berniat menghadapi elang keamanan yang kuat dan penguasa ulama.

Editor: Syamsul Azhar