Pfizer Jual Unit Usaha di Bidang Perawatan Kesehatan Konsumen



KONTAN.CO.ID - LONDON. Pfizer menjual saham di grup perawatan kesehatan konsumen Inggris Haleon senilai US$ 3,26 miliar. Kepemilikan Pfizer di unit usaha yang membuat pasta gigi Sensodyne dan obat pereda nyeri Panadol dan Advil ini berkurang menjadi 15% dari sebelumnya 22,6%.

Pfizer nantinya tetap menjadi pemegang saham terbesar di Haleon setelah penjualan tersebut. Pfizer sejak tahun lalu memang berencana memangkas kepemilikannya secara lambat dan metodis dalam beberapa bulan. "Raksasa obat AS ini bermaksud menjual sekitar 540 juta saham di Haleon," kata seorang bookrunner dikutip Reuters. Jumlah tersebut meningkat 100 juta saham karena permintaan yang kuat. 

Baca Juga: Pfizer Lanjutkan Pengembangan Danuglipron Pil Penurun Berat Badan Dikonesumsi Harian


Haleon secara terpisah mengonfirmasi akan membeli sekitar 60,5 juta sahamnya dari Pfizer dengan harga yang sama dengan total 230 juta pound setara US$ 307,4 juta. BofA Securities dan Goldman Sachs International bertindak sebagai koordinator global dan bookrunner bersama.

Pada Agustus 2024, Haleon memperkirakan pertumbuhan laba operasi organik satu digit di tengah permintaan kuat untuk produk perawatan mulut dan vitamin.

Selanjutnya: Ada Daerah Manipulasi Data Inflasi, Pengamat: Insentif untuk Pemda Tak Efektif

Menarik Dibaca: MIND ID Komitmen Hilirisasi yang Berkelanjutan, Simak Caranya!

Editor: Avanty Nurdiana