P&G Indonesia Luncurkan P&G SOLVE 2.0, Kompetisi Start-Up, Korporasi & Akademisi



KONTAN.CO.ID - Procter & Gamble (P&G) Indonesia kembali menyelenggarakan P&G SOLVE 2.0, sebuah kompetisi inovasi yang mengundang mitra bisnis eksternal untuk mencari dan menciptakan solusi nyata dalam memecahkan permasalahan bisnis di industri FMCG. Program P&G SOLVE merupakan inisiatif P&G Indonesia yang diselenggarakan melalui kolaborasi dengan Angel Investment Network (ANGIN) Indonesia dengan harapan dapat membantu mengakselerasi perkembangan bisnis P&G.

Edisi pertama P&G SOLVE diselenggarakan pada April 2022 dan telah diikuti oleh sekitar 140 partisipan. Kini, P&G Indonesia kembali menyelenggarakan P&G SOLVE 2.0 dengan tema utama “Manufaktur dan Digitalisasi”. Melalui edisi terbaru ini, P&G SOLVE 2.0 mengundang start-up, wirausahawan, korporasi, akademisi, serta organisasi yang terafiliasi dengan universitas, di bidang Manufaktur dan Digitalisasi dengan pengalaman yang telah terbukti di pasar Indonesia untuk bergabung dalam program ini. P&G SOLVE 2.0 bertujuan untuk mencari dan menciptakan solusi inovatif yang berkaitan dengan masalah di Pabrik P&G Indonesia di Jakarta seperti manufaktur, mesin sentuh (touching machines), digitalisasi dan keberlanjutan (sustainability).

Saranathan Ramaswamy, Presiden Direktur P&G Indonesia mengatakan, “Inovasi merupakan bagian dari DNA P&G sejak lebih dari 180 tahun lalu. Sejalan dengan misi perusahaan kami sebagai Force for Growth and Force for Good, kami percaya bahwa inovasi dapat membantu kami dalam mengatasi tantangan utama dalam industri FMCG, sehingga kami dapat terus memberikan dampak positif bagi konsumen dan masyarakat secara keseluruhan.


Dengan semangat tersebut, kami dengan bangga meluncurkan kembali P&G SOLVE 2.0 dan berharap bahwa program ini akan mampu menjawab tantangan bisnis, terutama pada area yang berkaitan langsung dengan operasional pabrik kami. Kami optimis hasil dari program ini akan berkontribusi signifikan terhadap perkembangan teknologi maupun bisnis P&G Indonesia.”

Seif Samir, Jakarta Plant Manager P&G Indonesia menambahkan, “Proses manufaktur di industri FMCG dihadapkan dengan beragam dinamika dan tantangan. Oleh sebab itu, P&G Indonesia selalu aktif dalam mencari solusi inovatif untuk permasalahan yang kami hadapi di pabrik (plant).

Dengan mengedepankan efisiensi dan produktivitas dalam keseluruhan proses manufaktur, kami berharap dapat terus menghasilkan produk yang terbaik bagi konsumen, serta memastikan terlaksananya operasi bisnis yang berkelanjutan di pabrik kami. Melalui P&G SOLVE 2.0, kami berharap dapat berkolaborasi dengan para inovator dengan pengalaman di bidang Manufaktur dan Digitalisasi untuk menjadi bagian dari upaya kami dalam mendorong inovasi di pabrik P&G.”   

Sejalan dengan semangat P&G Indonesia, David Soukhasing, Managing Director ANGIN mengungkapkan, “P&G SOLVE mengemban misi yang sama dengan ANGIN untuk menjembatani kesenjangan dalam ide-ide terobosan yang dapat memenuhi kebutuhan industri.

Sejak didirikan di 2013, ANGIN bekerja sama dengan lebih dari 200 investor lokal dan asing terkemuka, dan melalui platform investasinya, telah menyaring lebih dari 6.000 proposal. Kami senang dapat kembali berkolaborasi dengan P&G Indonesia untuk memperkuat P&G SOLVE 2.0 dan menciptakan program yang dapat memajukan inovasi di industri FMCG.”

P&G Indonesia dan ANGIN mengundang pengusaha, inovator, akademisi, serta organisasi yang terafiliasi dengan universitas sebagai partisipan dalam program P&G SOLVE 2.0. Dalam program ini, para partisipan akan berkesempatan untuk mendapatkan empat manfaat. Pertama, partisipan mendapatkan kesempatan untuk memberikan solusi inovasi dan berkolaborasi dengan P&G Indonesia sebagai salah satu perusahaan FMCG terbesar di Indonesia.

Kedua, selain memberikan peluang untuk partisipan melakukan pitching, P&G SOLVE 2.0 juga menawarkan valuasi berupa pendanaan (Paid Pilot) untuk ide (Proof of Concept) yang terpilih. Ketiga, partisipan juga dapat terkoneksi langsung dengan para manajemen senior di P&G Indonesia serta tergabung dalam jaringan ANGIN. Keempat, para partisipan dapat meningkatkan kapabilitasnya karena berkesempatan langsung dalam memecahkan permasalahan bisnis yang konkret.

Yuet Whey Siah, perwakilan dari SKALE yang merupakan salah satu partisipan perempuan P&G SOLVE edisi pertama mengatakan, “P&G SOLVE memberikan kesempatan untuk mengakselerasi proses pembelajaran di perusahaan kami. Melalui interaksi langsung dengan manajemen senior di P&G, kami mendapatkan akses untuk berdiskusi sehingga kami dapat memahami secara mendalam apa yang menjadi tantangan dan prioritas perusahaan. Karena program ini, kami mendapatkan pemahaman yang mendalam serta apa saja yang dibutuhkan untuk membuat sebuah kerjasama bisnis berhasil.”

Rangkaian utama program P&G SOLVE 2.0 terdiri dari; Opening Day, 1-on-1 Co-Creation Session, dan Pitch Day. Adapun agenda lengkap dari pelaksanaan program P&G SOLVE 2.0 adalah sebagai berikut:

Tanggal

Kegiatan

30 September-10 Oktober 2022

Registration for Opening Day

13 Oktober 2022

Opening Day

13-31 Oktober 2022

Initial Solution Submission

November 2022

Final Solution Co-Creation

Desember 2022

Pitch Day

P&G SOLVE 2.0 terbuka bagi para partisipan dari berbagai latar belakang terlepas dari gender dan usia. Para partisipan yang ingin menjadi bagian dari P&G SOLVE 2.0 dan mengambil peran dalam memberikan solusi inovatif untuk memecahkan permasalahan bisnis yang konkret, dapat mengunjungi www.pgsolve.com untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan mendaftarkan diri pada Opening Day selambatnya pada Senin, 10 Oktober 2022. Untuk pertanyaan seputar P&G SOLVE 2.0, partisipan dapat mengirimkan e-mail ke pgsolve@angin.id.

Baca Juga: P&G mengakuisisi unit bisnis kesehatan Merck senilai € 3,4 miliar

Tentang Procter & Gamble 

P&G adalah perusahaan barang konsumen global dan terkemuka yang telah beroperasi selama lebih dari 180 tahun. Setiap hari, P&G memenuhi kebutuhan sekitar 5 miliar konsumen di 180 negara yang mencakup kantor operasional P&G di 70 negara di seluruh dunia. Di Indonesia, P&G telah berdiri sejak 1989 dan terkenal melalui beberapa merek ikonik, seperti:

Haircare:

Pantene, Head & Shoulders,

Rejoice, Herbal Essences

Skin & Beauty Care:

SK-II, Olay

Fabric dan Home Care:

Downy, Ambi Pur

Health dan Shave Care:

Gillette, Oral B, Vicks, Sangobion, Neurobion,

Cavit-D, Hemobion, Becombion, lliadin

Baby dan Feminine Care:

Pampers, Whisper

Tentang ANGIN

Angel Investment Network Indonesia (ANGIN) adalah platform investasi dan badan konsultasi pertama dan terbesar di Indonesia. Para investor ANGIN telah menginvestasi lebih dari 50 pengusaha dan membantu lebih dari 50 perusahaan lainnya untuk mengakses pendanaan melalui mentoring yang strategis, kurikulum untuk investor dan pengusaha. ANGIN juga telah bekerjasama dengan lebih dari 61 partner pada tahun 2020 mulai dari korporat, inkubator, hingga organisasi interrnasional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti