Piala Asia 2023: Indonesia Kalah 1-3 Dari Irak, STY Sayangkan Gol Kedua Tidak Offside



KONTAN.CO.ID - Pertadingan pertama timnas Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023 berakhir dengan skor 1-3. Timnas Indonesia menelan pil pahit dan mengakui keunggulan Irak di grup D Piala Asia 2023.

Laga timnas Indonesia vs Irak yang di gelas di Stadion Ahmed bin Ali Stadium, Senin (15/1/2024) berjalan cukup panas.

Irak berhasil mencuri gol pertama sepakan Mohanad Ali yang tak bisa ditepis oleh Ernando Ari di menit 17’. 


Baca Juga: Harry Kane Posisi Pertama, Simak 10 Pemain Sepak Bola Termahal Bundesliga Jerman

Selanjutnya, timnas Indonesia bisa bangkit dan menyamakan kedudukan setelah Yakop Sayuri melakukan tusukan dan memberikan umpan yang bisa dikoversikan Marselino Ferdinan menjadi gol di menit 37’.

Sayang, dipenghujung babak pertama timnas Indonesia harus kembali kecolongan lewat gol Osama Rishad. Lalu gol ketiga Irak dicetak di menit 75’ lewat tendangan keras Aymen Hussein setelah memenangkan duel udara dengan Rizky Ridho.

Gol kedua yang dicetak Irak tersebut juga cukup kontroversial antara offside atau tidak.

Baca Juga: Harry Kane Posisi Pertama, Simak 10 Pemain Sepak Bola Termahal Bundesliga Jerman

Pelatih timanas Indonesia, Shin Tae Yong mempertanyakan keputusan wasit yang menyatakan gol. Pasalnya, Shin Tae Yong berpendapat pemain Irak lainnya Mohanad Ali sudah dalam posisi offside sebelum terjadinya gol Osama Rishad.

"Saya tidak tahu mengapa gol kedua tidak dianggap offside. Itu 100 persen offside, jika ini adalah benar keputusan yang salah dari wasit, kami menyayangkan itu, apalagi terjadi di momen penting," tambahnya yang dilansir dari laman PSSI.

Meski demikian, Shin Tae Yong juga memberikan selamat kepada Irak atas kemenangannya. Pelatih asal Korea Selatan tersebut mengapresiasi performa anak asuhannya di laga tersebut.

Baca Juga: IBL 2024, Prawira Harum Bandung Takluk 66-76 Oleh Pelita Jaya Jakarta

Berkat kekalahan dari Irak tersebut timnas Indonesia berada di juru kunci klasemen sementara Piala Asia 2023.

Selanjutnya timnas Indonesia akan melakoni pertandingan lanjutan di Piala Asia 2023 melawan Vietnam pada Jumat (19/1/2024) mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News