PARIS. Pasar periklanan global diperkirakan bakal tumbuh 5,4% tahun ini menjadi US$ 524 miliar. Pertumbuhan tersebut terutama didorong oleh pertumbuhan iklan televisi dengan adanya penyelenggaraan atau siaran Piala Dunia. Perusahaan periklanan terbesar di dunia seperti Martin Sorrell WPP, lalu Omnicom dan Publicis akan menikmati pertumbuhan pengiklan seiring dengan pertumbuhan produk domestik bruto global. Sementara itu, negara-negara pasar iklan terbesar akan berada di Amerika Serikat, Jepang dan Cina. Menurut Zenith Optimedia, perusahaan media buying, jumlah total pengeluaran iklan tahun ini yang mencapai US$ 524 miliar itu selain didorong oleh prospek ekonomi global yang membaik juga didukung oleh peningkatan pesat dari iklan mobile. "Pertumbuhan akan terus meningkatkan selama dua tahun ke depan, mencapai 5,7% pada 2015 dan 6,1% pada 2016, didorong oleh pemulihan ekonomi yang berkelanjutan, termasuk zona euro," kata Zenith Optimedia, seperti dikutip dari Reuters Senin (16/6). Zenith juga mengungkapkan bahwa pangsa pasar belanja iklan global di televisi akan mencapai puncaknya tahun ini, setelah terus meningkat selama beberapa dekade dari 29,9% pada tahun 1980 menjadi 39,6% pada 2013. Di 2016, Zenith memperkirakan pangsa pasar iklan untuk televisi akan sedikit menurun menjadi 38,3%.
Hal itu dikarenakan, produsen otomotif dan produk konsumen mulai melihat iklan on-line sebagai tempat yang cocok untuk membangun merek, selain televisi. Piala dunia dorong belanja iklan global US$ 524 M
Oleh: Hendra Gunawan
Senin, 16 Juni 2014 22:52 WIB
BERITA TERKAIT
Internasional
Biaya piala dunia US$ 11 miliar
Internasional
Prancis bolehkan pemainnya berpuasa saat Ramadan
Internasional
Mata uang Brasil menguat, turis bola gigit jari
Internasional
Produsen bir perbesar pasar lewat piala dunia
Internasional