PII jamin proyek air minum Rp 2,1 triliun



JAKARTA. Perusahaan penjaminan terus memacu kinerjanya. Memasuki paruh kedua tahun ini, PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) menerima mandat penjaminan proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM).

Direktur Utama PII Sinthya Roesly menjelaskan, pihaknya kembali mendapat mandat baru untuk menjamin proyek SPAM Umbulan, Jawa Timur senilai Rp 2,1 triliun.

Perusahaan penjaminan pelat merah ini menjamin keamanan investasi badan usaha dalam pembangunan SPAM. Penjaminan ini juga meningkatkan kepastian pendanaan proyek infrastruktur melalui partisipasi swasta. "Penjaminan PII diharapkan terus meningkatkan peran badan usaha dalam penyediaan infrastruktur. Sehingga tidak hanya mengandalkan anggaran pemerintah yang terbatas”, ujar Sinthya.

Sinthya bilang, proyek SPAM Umbulan ini merupakan bukti keseriusan pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan infrastruktur publik khususnya air minum dan mempercepat pelaksanaan Proyek Infrastruktur Strategis Nasional yang tercantum dalam Perpres Nomor 3 tahun 2016. Asal tahu saja, proyek ini sempat tertunda selama 40 tahun.

Menurutnya, proyek ini mendapatkan dukungan kelayakan Rp 818 miliar dari Kementerian Keuangan melalui Project Development Fund (PDF) yang dilakukan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero). SPAM Umbulan adalah proyek air dan proyek daerah pertama yang diberikan penjaminan pemerintah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini