Piknik ke Amerika? Jangan Lupa Mampir Chicago



CHICAGO. Kantor pariwisata Chicago berusaha mendulang pemasukan dari kemenangan Obama. Kendati blok tempat Obama tinggal saat ini di Chicago Hyde Park dikelilingi oleh garis pengamanan yang cukup ketat, namun sukarelawan pada kantor pariwisata Catherine Williams berusaha agar para pengunjung bisa berjalan dan melihat sedekat mungkin hunian Obama. Tentu saja, asalkan petugas keamanan juga mengijinkannya. "Mereka ingin melihat rumah Obama, dan berharap, bisa melihat Obama meski sekejap," kata William. Menurutnya, Obama tak ubahnya sebagai bintang rock saat ini. Tak jauh dari hunian Obama, terdapat sebuah restoran yang sudah menjual 3.000 kaus dengan tulisan "Obama Makan Di Sini". Ada pula sebuah gerai buku yang jendelanya dibubuhi dengan tulisan tangan, "Obama Pelanggan Lawas" lantaran Obama sudah berbelanja di toko buku itu sejak tahun 1986. "Banyak orang yang bertanya, buku apa yang Obama suka," kata Jack Cella, pengelola toko buku tersebut. Lantas, para pengunjung membeli buku yang pernah dibeli oleh Obama sembari mengatakan bahwa mereka ingin membeli buku tersebut di toko buku yang sama persis dengan Obama kunjungi. Menurut Laura Baginski, editor majalah Time Out Chicago, Chicago bakal menjadi kawasan yang akan dikunjungi oleh banyak turis. Baginski sendiri juga sudah menulis buku panduan untuk mengelilingi Chicago, termasuk University of Chicago Law School tempat Obama mengajar, dan juga Hyde Park Hair Salon & Barber Shop."Saya kira banyak orang akan tertarik untuk melihat dan mengetahui dimana dia makan, di mana dia makan," katanya. Bahkan, biro travel dari seluruh dunia telah menelepon Chicago Convention and Tourism Bureau.  Kantor pariwisata di Chicago telah membikin sejumlah daftar "Obama sightseeing in Illinois" sebagai panduan bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke Chicago:
  1. Old State Capitol, Springfield: untuk pertama kalinya Obama mengumumkan dirinya sebagai kandidat Presiden pada Februari 2007, dan kembali lagi pada bulan Agustus untuk mengenalkan Joe Biden sebagai partnernya. Abraham Lincoln memberikan pidato "House Divided" di tempat yang sama pada 1858.
  2. Hyde Park Hair Salon & Barber Shop, Chicago: lokasi ini tak jauh dari rumah Obama.
  3. Medici on 57th Street, Chicago: jangan lupa beli kaus "Obama Eats Here"
  4. University of Chicago Law School: Obama mengajar di kampus ini sebelum merambah dunia politik.
  5. U.S. Cellular Field: Kandang White Sox, favorit Obama.
  6. Maria Pinto Boutique in Chicago''s West Loop: Salah satu desainer favorit Oprah, begitu juga Obama.
  7. Chicago City Hall: Pagi hari setelah hari pemilihan Presiden, Mayor Richard Daley memasang banner ucapan selamat bagi Obama. Di O''Hare International Airport juga terdapat banner sejenis.
  8. Grant Park in Chicago: Obama memberikan pidato kemenangan di sini.

Editor: