JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (EXCL) mengaku tidak akan fokus menggarap segmen short message service (SMS) pada tahun ini. Pasalnya, saat ini peran SMS sudah tergantikan oleh peran dari data atau aplikasi chatting. Pihak XL mengatakan bahwa tahun ini ekspansi akan lebih banyak menyasar pada pengembangan 4G data dan konten. Dini Siwarini, Presiden Direktur EXCL mengatakan, tahun ini tidak akan fokus menggarap SMS, tetapi lebih mengedepankan pengembangan data. Dirinya mengatakan flagship XL dan Axis diluncurkan untuk menyasar pasar yang berbeda. XL diperuntukkan bagi mereka yang mencari kualitas data yang prima, sedangkan Axis diperuntukkan untuk segmen lower yang membutuhkan layanan data yang irit dan murah. "Kan industri telekomunikasi growth-nya di data. SMS itu sebagian besar tergantikan oleh chatting, volume SMS itu jauh turunnya pada tahun lalu. SMS itu tahun ini juga diprediksi akan turun jauh lebih besar lagi, jadi kita fokus ke data," ujarnya kepada KONTAN, Senin (7/3).
Pilih layanan data, EXCL tak lagi fokus ke sms
JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (EXCL) mengaku tidak akan fokus menggarap segmen short message service (SMS) pada tahun ini. Pasalnya, saat ini peran SMS sudah tergantikan oleh peran dari data atau aplikasi chatting. Pihak XL mengatakan bahwa tahun ini ekspansi akan lebih banyak menyasar pada pengembangan 4G data dan konten. Dini Siwarini, Presiden Direktur EXCL mengatakan, tahun ini tidak akan fokus menggarap SMS, tetapi lebih mengedepankan pengembangan data. Dirinya mengatakan flagship XL dan Axis diluncurkan untuk menyasar pasar yang berbeda. XL diperuntukkan bagi mereka yang mencari kualitas data yang prima, sedangkan Axis diperuntukkan untuk segmen lower yang membutuhkan layanan data yang irit dan murah. "Kan industri telekomunikasi growth-nya di data. SMS itu sebagian besar tergantikan oleh chatting, volume SMS itu jauh turunnya pada tahun lalu. SMS itu tahun ini juga diprediksi akan turun jauh lebih besar lagi, jadi kita fokus ke data," ujarnya kepada KONTAN, Senin (7/3).