Pilihan Terbaik Minyak Goreng untuk Diet Menurunkan Berat Badan, Cek di Sini



MOMSMONEY.ID - Apa saja pilihan minyak goreng untuk diet menurunkan berat badan yang terbaik? Di sini daftarnya!

Saat menjalani diet untuk menurunkan berat badan, banyak orang berpikir bahwa minyak goreng harus sepenuhnya dihindari. Padahal, tidak semua minyak goreng berbahaya untuk kesehatan, terutama jika Anda memilih jenis minyak yang tepat.

 Mengganti minyak goreng yang kurang sehat dengan pilihan yang lebih baik dapat membantu menurunkan berat badan.


Baca Juga: Apa Saja Tanda-Tanda Tubuh Kelebihan Gula ya? Ini 12 Tandanya

Melansir dari Good Doctor, berikut ini adalah beberapa pilihan terbaik minyak goreng untuk diet menurunkan berat badan:

1. Minyak Canola

Minyak canola berasal dari biji tanaman keluarga brokoli dan memiliki rasio omega-6 dan omega-3 yang hampir sempurna. Minyak ini mengandung asam alfa-linolenat (ALA) dan asam lemak omega-3 yang dapat membantu menjaga berat badan.

Selain itu, minyak canola juga bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung jika digunakan sebagai pengganti lemak jenuh.

Dengan titik asap yang tinggi, minyak canola cocok digunakan untuk memasak dengan suhu tinggi. Minyak ini juga netral dalam rasa, sehingga tidak akan mengubah cita rasa masakan.

Baca Juga: Bantu Turunkan Timbangan, Ini Makanan Pengganti Nasi untuk Diet Turunkan BB

2. Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu pilihan terbaik untuk diet. Minyak ini kaya akan lemak sehat, sehingga dikenal dapat mencegah penyakit jantung dan kanker.

Minyak zaitun, khususnya jenis extra virgin, mengandung lemak tak jenuh tunggal yang efektif menurunkan kolesterol jahat. Bahkan, minyak zaitun extra virgin dikaitkan dengan pengurangan risiko kanker payudara dan dianggap sangat baik untuk membantu menurunkan berat badan.

Karena harganya yang cukup mahal dan rasanya yang kuat, minyak zaitun extra virgin sering digunakan untuk salad, sayuran, dan hidangan lain yang tidak dimasak. Untuk keperluan memasak sehari-hari, Anda bisa menggunakan minyak zaitun biasa atau yang lebih ringan.

3. Minyak Almond

Minyak almond bisa membantu dalam penurunan berat badan jika digunakan dengan bijak. Minyak almond yang tidak dimurnikan lebih baik karena kandungannya masih kaya akan nutrisi, termasuk lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk jantung.

Minyak almond cocok digunakan untuk memanggang kue atau muffin. Selain itu, minyak ini mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan jantung.

Saat menggunakannya dalam diet, penting untuk memperhatikan takaran agar tetap dalam batas sehat.

Baca Juga: Bagaimana Ciri-Ciri Terkena Kolesterol Tinggi? Ini Dia 11 Cirinya

4. Minyak Alpukat

Minyak alpukat kaya akan lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk jantung dan dapat membantu menekan rasa lapar, sehingga cocok untuk diet menurunkan berat badan.

Selain itu, minyak alpukat juga mengandung kalium dan vitamin B yang bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Minyak alpukat memiliki aroma dan rasa yang ringan, sehingga sering digunakan dalam salad atau sebagai bagian dari diet paleo yang banyak dianjurkan untuk kesehatan.

5. Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga merupakan pilihan yang bagus untuk diet karena mengandung lemak tak jenuh. Minyak ini diekstrak dari daging kelapa dan kaya akan trigliserida rantai menengah (MCT), yang dapat membantu menurunkan berat badan, khususnya dalam mengurangi lemak perut.

Untuk hasil terbaik, pilihlah minyak kelapa extra virgin. Namun, minyak kelapa tidak tahan pada suhu yang sangat tinggi, sehingga sebaiknya tidak digunakan untuk menggoreng dengan panas berlebih.

Baca Juga: Bikin Langsing, Begini Tips Diet Cepat Turunkan Berat Badan Anda!

Itulah beberapa pilihan terbaik minyak goreng untuk diet menurunkan berat badan. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Profit 24,31% Setahun Investasi Emas Antam 24 Karat, Cek Simulasi Hari Ini (30/9)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas