Pilkada Jakarta, Presiden PKS Ahmad Syaikhu Berpotensi Jadi Cawagub Ridwan Kamil



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pengamat politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Adi Prayitno mengatakan, ada sejumlah kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang berpotensi menjadi cawagub untuk mendampingi Ridwan Kamil (RK) di Pilkada DKI Jakarta 2024, salah satunya yang menguat adalah Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

Adi mengaku mendengar rumor kuat bahwa Koalisi Indonesia Maju (KIM) "Plus" dibentuk untuk mengakomodir kader PKS menjadi cawagub Ridwan Kamil.

"Stok PKS banyak. Sohibul Iman, ada Ahmad Syaikhu, ada Pak Suswono politikus seniornya. Tiga nama ini yang beredar di permukaan. Entah siapa yang akan dipilih tentu kesepakatan PKS dan KIM nanti," ujar Adi kepada Kompas.com, Rabu (7/8/2024) malam.


Baca Juga: Airlangga: Ridwan Kamil On The Way Jakarta

”Ridwan Kamil dengan Syaikhu bisa saja terjadi. Sangat mungkin Ridwan Kamil menginginkan berpasangan dengan PKS di Jakarta," sambungnya.

Menurut Adi, sejauh ini belum ada rumor dan isu bahwa KIM "Plus" dibentuk untuk mengakomodir kader Nasdem atau PKB sebagai cawagub Ridwan Kamil.

Dia menilai, wajar saja jika PKS yang paling kuat ditawari oleh KIM "Plus", mengingat PKS merupakan partai pemenang di Jakarta.

"Memang perolehan suara mereka (Nasdem dan PKB) di Jakarta pileg-nya itu memang tidak terlampau sekuat PKS. Wajar kalau PKS memang seakan-akan ditebalkan sebagai kemungkinan yang akan mendampingi Ridwan Kamil," tutur Adi.

Baca Juga: Ini Jadwal dan Tahapan Pilkada 2024 Serentak, Kapan Penetapan Pasangan Calon?

Lalu, Adi mengatakan, jika pasangan Ridwan Kamil-Ahmad Syaikhu terwujud, maka akan jadi saingan kuat bagi Anies Baswedan di Jakarta. ”Akan sangat kompetitif melawan Anies Baswedan,” imbuhnya.

Diketahui, PKS saat ini sedang membahas dan mengkaji opsi bergabung dengan KIM "Plus" di Pilkada DKI Jakarta 2024.

"Salah satu opsi komunikasi tersebut adalah juga membangun komunikasi politik dengan KIM, di mana RK sebagai calon definitif mereka saat ini. Opsi ini sedang dikaji dan dibahas oleh DPP PKS," ujar Jubir PKS M Kholid saat dimintai konfirmasi Kompas.com, Rabu (7/8/2024) malam.

Di sisi lain, Golkar membuka diri terhadap kader PKS untuk menjadi cawagub mendampingi Ridwan Kamil.

Waketum Golkar Ahmad Doli menyebut Golkar sudah mengusung kader sebagai Cagub Jakarta, sehingga cawagubnya diserahkan ke partai lain.

Baca Juga: Ketum Golkar Airlangga Tegaskan Dukung Dedi Mulyadi di Pilkada Jabar

"Ya kami membuka diri. Kan Golkar sudah mengusung calon gubernurnya, nah kami lebih menyerahkan lah kepada partai-partai politik yang lain," ujar Doli saat ditemui di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan, Rabu (7/8/2024) malam.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Presiden PKS Ahmad Syaikhu Berpotensi jadi Cawagub Ridwan Kamil di Pilkada Jakarta"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto