JAKARTA. Kampanye pemilihan Gubernur DKI Jakarta serta pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada Februari tahun ini menjadi masa panen bagi lembaga survei dan konsultan politik. Lembaga survei ini kebanjiran order dari partai politik maupun calon kepala daerah. Wakil Direktur Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC), Sirojudin Abbas, mengkalim pihaknya banyak kedatangan calon kepala daerah untuk bisa mendapatkan jasa sebagai konsultan politik atau survei pemilih. "Namun kalau kurang layak kami tolak secara halus," katanya kepada KONTAN, Minggu (22/1). Sayang, Sirojudin tidak mau membeberkan siapa saja klien mereka, dengan alasan terikat kontrak kerahasiaan. Begitu pula soal biaya dari jasa lembaga survei tersebut.
Pilkada serentak musim panen bagi lembaga survei
JAKARTA. Kampanye pemilihan Gubernur DKI Jakarta serta pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada Februari tahun ini menjadi masa panen bagi lembaga survei dan konsultan politik. Lembaga survei ini kebanjiran order dari partai politik maupun calon kepala daerah. Wakil Direktur Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC), Sirojudin Abbas, mengkalim pihaknya banyak kedatangan calon kepala daerah untuk bisa mendapatkan jasa sebagai konsultan politik atau survei pemilih. "Namun kalau kurang layak kami tolak secara halus," katanya kepada KONTAN, Minggu (22/1). Sayang, Sirojudin tidak mau membeberkan siapa saja klien mereka, dengan alasan terikat kontrak kerahasiaan. Begitu pula soal biaya dari jasa lembaga survei tersebut.