Pinjaman hipotek di Inggris tertinggi sejak November 2010



LONDON. Persetujuan hipotek di Inggris meningkat menjadi 46.967 pada bulan Februari. Angka tersebut merupakan level tertinggi sejak November 2010 dan lebih dari perkiraan ekonom. Rilis data ini menunjukkan pasar properti khususnya rumah di Inggris mulai stabil.

Bank of England (BoE) menyatakan angka tersebut naik dari posisi Januari di level 46.152. Padahal, berdasarkan median 15 ekonom yang di survei Bloomberg, mereka meramalkan pinjaman tersebut hanya akan mencapai 46.000.

"Setelah akhir tahun melemah, persetujuan hipotek tampaknya telah kembali bangkit meski tak terlalu agresif," kata Philip Shaw, ekonom Investec Securities Ltd di London.


Menteri Keuangan Britania Raya George Osborne mengatakan, pemerintah akan membantu 10.000 pembeli pertama agar mendapat potongan bunga pinjaman sebesar 20%.

Hari ini BoE menunjukkan angka pinjaman hipotek bersih sebesar £ 1,2 atau setara dengan US$ 1,9 miliar pada bulan Februari dan kredit gross £ 11,9 miliar, kredit konsumen naik £ 768 juta dan pinjaman kartu kredit meningkat £ 96 juta.

Editor: