Platform Jenius menyumbang 5% bagi DPK Bank BTPN



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Diluncurkan sejak 2016, PT Bank BTPN Tbk (BTPN, anggota indeks Kompas100) terus memacu kinerja platform digital miliknya yaitu Jenius. Hingga saat ini Jenius sudah memiliki 1,6 juta nasabah.

Direktur Bank BTPN Hanna Tantani menjelaskan jumlah nasabah tersebut saat ini telah berkontribusi terhadap 5% dari penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) perseroan.

Baca Juga: Jadi lender di Investree, Bank BRI gelontorkan dana Rp 200 miliar


“Jenius produk yang relatif baru, namun perkembangannya cukup baik. Sekarang kontribusnya sekitar 5% dari total DPK kita. Kami harapkan bisa terus bertumbuh ke depannya,” katanya di Bursa Efek Indonesia, Jakarta Senin (26/8).

Sepanjang semester 1-2019 sendiri perseroan berhasil menghimpun DPK senilai Rp 97,70 triliun, tumbuh 36% (yoy) dibandingkan semester 1-2018 senilai Rp 71,99 triliun. Artinya Jenius telah mencapai Rp 4,88 triliun.

Selain menawarkan fitur simpanan, Jenius juga telah memulai uji coba untuk memberikan fitur pinjaman bertajuk Flexi cash. Hana bilang sudah ada puluhan miliar Rupiah pinjaman yang disalurkan kepada sekitar 2.500 pengguna Jenius.

Baca Juga: Fintech P2P lending gencar kerjasama dengan bank

Flexi Cash dijelaskan Hanna merupakan fitur pinjaman yang bisa dimanfaatkan pengguna Jenius secara penuh via digital. Untuk mitigasi risikonya, ia bilang perseroan menggunakan teknolog artificial intelegent (AI) untuk credit scoring, maupun analisis risikonya.

Editor: Tendi Mahadi