PLN Icon Plus Targetkan Pelanggan Iconnet Bertambah lebih dari 500.000 Pada 2024



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Subholding PT PLN (Persero) PLN Icon Plus menargetkan penambahan jumlah pelanggan internet broadband Iconnet mencapai lebih dari 500.000 di tahun 2024. Target ini setidaknya akan menyamai keberhasilan Iconnet pada tahun 2023.

Sekertaris Perusahaan PLN Icon Plus Heni Utari Ambarwati menyatakan, pada tahun 2023, capaian pelanggan Iconnet mencapai lebih dari 1 juta pelanggan. Artinya, meningkat lebih dari 100% dibandingkan tahun sebelumnya, di mana jumlah pelanggan Iconnet tercatat sekitar 500.000 pelanggan. 

Heni menyebutkan, pertumbuhan pelanggan yang cukup masif di tahun lalu, didorong oleh perluasan jaringan Fiber To The Home (FTTH) yang dilakukan PLN Icon Plus. 


“Capaian pertumbuhan pelanggan Iconnet di tahun 2023 mencapai lebih dari 1 juta pelanggan, bertumbuh lebih dari 100% dari tahun sebelumnya, hal ini menjadikan Iconnet menduduki peringkat kedua penyedia layanan home internet broadband, dari sisi jumlah pelanggan,” ungkap Heni, kepada Kontan.co.id, Jumat (23/2). 

Baca Juga: Kolaborasi Penataan Jaringan Awali Langkah PLN Icon Plus di 2024

Hingga tahun 2023, Iconnet berhasil menguasai sekitar 7,5% pasar internet di Indonesia, dengan pertumbuhan pelanggan melebihi 100% bila dibandingkan tahun 2022 yang berjumlah hampir 500.000. 

Nah, pada tahun 2024, PLN Icon Plus berharap setidaknya bisa menyamai keberhasilan seperti tahun 2023, yaitu bisa mencapai pertumbuhan lebih dari 500.000 pelanggan. 

Target ini berupaya dicapai  dengan menjalankan strategi penambahan jaringan serta mengoptimalkan infrastruktur jaringan yang sudah terbangun.

PLN Icon Plus juga sudah menyusun berbagai strategi untuk menghadapi semakin ketatnya persaingan bisnis internet fixed broadband ke depan. 

Heni memaparkan, PLN Icon Plus akan terus melakukan evaluasi, improvement melihat peluang terhadap potensi pasar, serta selalu berinovasi untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, agar tetap dapat bersaing di dalam bisnis home internet fixed broadband yang ada di Indonesia.

Baca Juga: Iconnet Perluas Penetrasi Internet Fixed Broadband di Indonesia

“Semakin luasnya cakupan jaringan internet broadband dari berbagai internet service provider (ISP) yang ada di Indonesia pastinya persaingan harga semakin ketat, akan tetapi kehandalanlah yang  menjadi point utama bagi pelanggan menentukan ISP mana yang pelanggan pilih,” paparnya. 

Dia melanjutkan, digitalisasi proses bisnis menjadi salah satu fokus utama manajemen PLN Icon Plis untuk memperbaiki layanan. Hal ini memberi kemudahan bagi pelanggan dan calon pelanggan mulai dari mendaftar, percepatan aktivasi, percepatan penanganan gangguan serta kebutuhan pelanggan lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi