PLN mulai operasikan dua PLTMG di Kawasan Indonesia Timur



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski dilanda pandemi Covid-19, PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) berhasil menambah pembangkit baru usai beroperasinya Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Timika berkapasitas 10 Megawatt (MW) yang terletak di Kampung Pomako, Distrik Mimika Timur, Kabupaten Mimika, Papua.

Beroperasinya PLTMG Timika akan meningkatkan pasokan daya listrik di Kabupaten Mimika dari sebelumnya 24,5 MW menjadi 34,5 MW.

Direktur Bisnis Regional Sulawesi, Maluku, Papua, dan Nusa Tenggara PLN Syamsul Huda mengatakan, selain untuk mengalirkan listrik masyarakat dan mendorong tumbuhnya perekonomian, PLTMG Timika awalnya juga direncanakan untuk mendukung Pekan Olahraga Nasional (PON) yang sedianya digelar pada tahun 2020 namun diundur jadi tahun 2021 akibat wabah virus corona.

Baca Juga: Investigasi PLN, Kemenko Marves dan BSSN bakal kunjungi rumah pelanggan pekan ini

“Tetapi sesuai komitmen, kami tetap menyelesaikan pembangunan pembangkit ini tepat waktu,” tutur dia dalam siaran pers di situs PLN, Rabu (8/7).

Ia menambahkan, PLTMG Timika berhasil meraih Sertifikat Laik Operasi (SLO) untuk mesin pembangkitnya pada 5 Mei 2020. Pengerjaan PLTMG ini memakan waktu sekitar 22 bulan, terhitung sejak bulan Juli 2018.

Secara keseluruhan, PLN telah menyiapkan 115 MW pasokan listrik baru untuk Provinsi Papua. Pembangkit tersebut antara lain PLTMG MPP Timika (10 MW), PLTMG Jayapura Peaker (40 MW), PLTMG Biak 1 (15 MW), PLTMG Biak 2 (10 MW), PLTMG Merauke 1 (20 MW), dan PLTMG MPP Merauke 2 (20 MW).

Editor: Anna Suci Perwitasari