PM Italia : Masa depan euro ada di tangan kami beberapa minggu ke depan



ROMA. Pemerintah Italia mengumumkan rencana pengetatan moneter yang lebih luas sebagai respon pencegahan penyebaran krisis lebih luas. Perdana Menteri Italia, Mario Monti secara ambisius berniat menggenjot perekonomian Italia lebih keras.

Monti berjanji bahwa pemerintah akan mengubah aturan tenaga kerja dan pensiun, memerangi penghindaran pajak dan mempermudah bisnis. Tapi ia juga memperingatkan Eropa untuk memahami taruhannya bila membiarkan Italia berjuang sendiri.

“Sebagian masa depan euro tergantung dengan apa yang akan dilakukan Italia dalam beberapa minggu ke depan," tegas Monti. Jika euro gagal diselamatkan menjadi mata uang tunggal, hal tersebut bakal menyeret Eropa ke zaman 1950-an.


"Yang jelas, kepercayaan investasi di Italia akan segera dikerek. Bakal ada perubahan struktural jangka panjang termasuk perubahan sistem pensiun yang saat ini dianggap tidak seimbang," jelasnya. Italia, saat ini tengah fokus pada tiga hal yaitu kekuatan fiskal, pertumbuhan ekonomi dan keadilan sosial.

Editor: