PNM IM rilis reksadana penyertaan terbatas Rp1,5 T



JAKARTA. Produk investasi reksadana penyertaan terbatas (RDPT) bakal semakin ramai. Kali ini, PT PNM Investment Management (PNM IM), anak perusahaan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) akan menerbitkan RDPT senilai Rp 1,5 triliun.

Direktur Utama PT PNM Investment Management MQ Gunadi mengatakan, produk tersebut akan diterbitkan tahun depan. "Untuk tenor dan return yang akan diberikan kepada investor akan beragam," kata Gunadi, Selasa (11/11). 

Executive Vice President PNM Arief Mulyadi menjelaskan, RDPT tersebut memiliki aset dasar obligasi jangka menengah atau medium term notes (MTN) PNM dengan tenor dan kupon yang sama. Rencananya dana hasil penerbitan RDPT ini akan disalurkan untuk pembiayaan usaha mikro kecil menengah dan koperasi melalui unit layanan modal mikro atau ULaMM.


Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat dana kelolaan RDPT hingga akhir Oktober 2014 mencapai Rp 26,29 triliun atau anjlok 10,61% dibandingkan akhir 2013. Dari nilai tersebut, RDPT efek masih mendominasi dana kelolaan dengan nilai Rp 23,4 triliun. Sedangkan dana kelolaan RDPT proyek mencapai Rp 2,89 triliun pada periode yang sama.

Sementara itu jumlah produk RDPT juga turun 18,6% dibandingkan akhir 2013 menjadi 79 produk di Oktober 2014. Dari jumlah tersebut, sekitar 57 produk merupakan RDPT efek dan sekitar 22 produk merupakan RDPT proyek. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Uji Agung Santosa