Polbangtan Kementan Optimalkan Potensi Lahan Kosong Supaya Produktif



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor mengoptimalkan potensi kampus dengan melibatkan mahasiswa dan dosen dalam program Olah Tanah. 

Program ini merupakan respons terhadap arahan Direktur Polbangtan Bogor untuk memanfaatkan lahan kosong dan meningkatkan keterampilan praktis mahasiswa.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mendorong mahasiswa untuk menjadi pengusaha di sektor pertanian, mengingat delapan dari sepuluh pengusaha terkaya berasal dari bidang ini. Ia menekankan pentingnya kerja keras untuk merubah nasib dan mengatasi keterpurukan ekonomi.


Baca Juga: Kementan, BUMN Pangan Hingga Bapanas di Bawah Koordinasi Menko Pangan

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Idha Widi Arsanti juga menekankan perlunya regenerasi petani untuk mendukung ketahanan pangan, mengingat banyak petani saat ini sudah lanjut usia.

Setiap dosen diberikan lahan untuk dikelola bersama mahasiswa, yang meliputi pembersihan lahan, pengolahan tanah, pemupukan, penanaman, perawatan, dan panen.

Ia menambahkan, program ini diikuti oleh seluruh mahasiswa Polbangtan Bogor, sehingga lahan yang dikelola menjadi lebih produktif dan memberikan pengalaman belajar yang mendalam.

Direktur Polbangtan Bogor, Yoyon Haryanto, menyatakan apresiasi atas sinergi antara mahasiswa dan dosen. 

Baca Juga: Kembali Jadi Mentan, Amran Fokus Program Cetak sawah 40.000 Ha di Merauke

"Kami ingin memanfaatkan setiap jengkal lahan secara optimal. Program ini tidak hanya tentang pengelolaan lahan, tetapi juga pendidikan praktis bagi mahasiswa," ujar Idha dalam siaran pers, Selasa (22/10/2024). 

Mahasiswa Rika berbagi pengalamannya, menyatakan bahwa mengelola lahan liar awalnya menantang. Namun, setelah beberapa minggu, ia merasa bangga melihat kemajuan yang dicapai. 

Baca Juga: Kementan Sebut Program Cetak Sawah 3 Ha Dapat Dukungan Penuh dari Prabowo

Dengan program Olah Tanah ini, Polbangtan Bogor berharap dapat menciptakan lingkungan kampus yang produktif dan membentuk generasi muda yang kompeten di bidang pertanian. Kegiatan ini berlangsung setiap hari sejak Oktober 2024 dan diharapkan berlanjut untuk mengoptimalkan lahan di Polbangtan.

Selanjutnya: JICC Siap Jadi Pusat Kolaborasi Industri Kopi Global Hadir Kembali pada Oktober 2024

Menarik Dibaca: Promo Susu Anak di Alfamart sampai 31 Oktober, Ada Gratis Minyak Goreng & Sunlight

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli