Polda Metro kerahkan 1.117 personel amankan HUT RI



JAKARTA. Sebanyak 1.117 personel kepolisian dikerahkan untuk mengamankan peringatan HUT RI ke 69 di Ibukota, Minggu (17/8).

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto mengatakan 1.117 personel tersebut tersebut merupakan personel gabungan dari Polres Jakpus dan Polda Metro.

"Total kekuatan 1.117 personel, dengan rincian Polres Jakarta Pusat 164 personel, dan Polda Metro sebanyak 953 personel," ujar Rikwanto.


Nantinya 1.117 personel tersebut akan disebar ke titik-titik tertentu yang menggelar acara peringatan HUT RI ke 69.

"Mereka akan ditempatkan di Istana Negara, Monas, dan tempat-tempat lainnya. Mereka bertugas pengamanan hingga sore hari nanti penurunan bendera," ungkap Rikwanto.

Sebelumnya, Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Dwi Priyatno mengatakan khusus pengamanan di Istana Negara, dirinya menurunkan 800 personel polisi, termasuk dari Satuan Lalulintas yang akan melakukan pengalihan arus.

Saat pengamanan di Istana, kepolisian akan menerapkan pola pengamanan hingga 4 ring. Dimana khusus ring 1 diamankan oleh paspamres.

Lantaran adanya serangkaian acara di Istana Negara tersebut, kepolisian melakukan pengalihan arus di kawasan Istana Negara.

Penutupan jalan akan mulai dilakukan pada pukul 05.00–12.00 WIB. Kemudian dilanjutkan kembali saat penurunan bendera pada pukul 14.00–19.00 WIB.

Berikut skema pengalihan arus tersebut :

1. Arus lalu lintas dari Harmoni yang akan mengarah ke Istana, di Harmoni dialihkan ke kiri Jalan Juanda-Pasar Baru -Gunung Sahari dan seterusnya. Atau ke arah jl Kantor Pos-Banteng-Pejambon-Merdeka Timur-Tugu Tani dan seterusnya.                               2. Arus lalu lintas dari Bundaran HI ke Merdeka Barat di Simpang Patung Kuda dialihkan kekiri ke Budi Kemuliaan-Abdul Muis-Majapahit dan seterusnya.

3. Arus lalu lintas yang datang dari Tugu Tani mengarah Merdeka selatan diluruskan ke Merdeka timur-jalan Perwira dan seterusnya. (Theresia Felisiani)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie