Polisi bekuk kawanan penggasak dollar



JAKARTA. Lima dari enam kawanan perampok yang memperdayai dua karyawan perusahaan money changer, PT Esa Pratama, di Hotel Aston Rasuna, Kuningan, Jakarta Selatan, dibekuk.

Penangkapan dilakukan jajaran Kepolisian Daerah Metro Jaya. Sementara seorang pelaku lain, yakni satu-satunya perempuan dalam kawanan itu masih buron.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, mengatakan kelima kawanan perampok itu kini masih diperiksa intensif pihaknya. "Sudah kami tangkap dan masih kami periksa," kata Rikwanto.


Seperti diketahui dua orang karyawan perusahaan money changer, PT Esa Pratama, JM dan KFP diperdayai 6 kawanan perampok di Hotel Aston Kuningan, Jakarta Selatan.

Sebelumnya seorang pelaku yakni perempuan meminta dua karyawan perusahaan penukaran uang itu datang ke Hotel Aston Kuningan untuk menukarkan uang rupiah dengan dolar.

Pelaku meminta mereka datang ke kamar 3008 Hotel Aston Kuningan. Nah, saat berada di hotel, awalnya JM dan KFP ditemui perempuan sang pemesan uang.

Namun tak lama kemudian datang 5 laki-laki pelaku lainnya ke dalam kamar. Mereka langsung menyergap JM dan KFP. Para pelaku juga mengikat kaki dan tangan, serta membekap mulut korban menggunakan lakban di dalam kamar.

Mereka kemudian membawa kabur uang tunai 24.500 dolar AS. Rikwanto menuturkan kawanan ini diduga sempat beraksi dengan modus yang sama di Apartemen MOI City Home Hawaian Bay, 3/31 di Kelapagading Barat, Kecamatan Kelapagading, Jakarta Utara.

Para pelaku kerap menjalankan modus menyamar menjadi pembeli mata uang asing, kemudian bertemu dan merampok korbannya. (Budi Sam Law)

Tribunnews.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Amal Ihsan