Polisi China bongkar kasus bank palsu



KEPOLISIAN China berhasil membongkar kasus bank palsu. Setidaknya lima orang sudah ditangkap oleh kepolisian setempat.

Bank palsu yang didirikan menyerupai bank asli ini didirikan di kota Nanjing. Bank ini memiliki pegawai berseragam yang berdiri di belakang konter yang terlihat nyata.

Tercatat lebih dari 200.000 orang terperdaya dan kehilangan sekitar US$32 juta setelah dijanjikan suku bunga yang tinggi untuk deposito mereka.


Kebanyakan korban penipuan ini adalah para pemilik bisnis dari Provinsi Jiangsu yang tertarik pada suku bunga tinggi yang dijanjikan.

Asal tahu saja, banyak orang di China berinvestasi dalam skema investasi yang tidak diregulasi karena rendahnya bunga di bank-bank resmi.

Otak penipuan, yang diidentifikasi sebagai Liu, beserta empat orang asistennya kini berada dalam tahanan polisi, termasuk seorang perempuan yang tadinya sudah melarikan diri ke markas perjudian di Makau dengan membawa serta dana deposito.

Penipuan ini terbongkar setelah seorang investor yang telah menginvestasikan US$2 juta mengadukan ke polisi bahwa dia tidak dapat mengambil bunga depositonya ataupun menarik dananya.

Editor: Yudho Winarto