Polri dapat informasi Listyo Sigit akan dilantik jadi Kapolri Rabu ini



KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Polri mengungkapkan, calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo direncanakan akan dilantik sebagai Kapolri pada Rabu (27/1/2021). “Infonya iya (dilantik tanggal 27),” ungkap Kepala Divisi Humas Polri Irjen Argo Yuwono ketika dikonfirmasi Kompas.com, Senin (25/1/2021).

Sigit akan dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta. Dengan pelantikan itu, Sigit juga akan resmi menjadi jenderal berbintang empat.

Adapun Sigit merupakan calon tunggal Kapolri yang dipilih oleh Presiden Jokowi untuk menggantikan Kapolri saat ini, Jenderal (Pol) Idham Azis. Setelah mengikuti uji kepatutan dan kelayakan, rapat paripurna DPR mengesahkan keputusan Komisi III yang menyetujui pengangkatan Sigit sebagai Kapolri.

Nantinya, setelah dilantik sebagai Kapolri, posisi kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri yang ditinggalkan Sigit pun akan kosong.

Baca Juga: Istana kantongi surat persetujuan DPR atas pengangkatan Listyo Sigit sebagai Kapolri

Proses pemilihan pengganti Sigit akan melalui Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Mabes Polri. Sejauh ini, menurut Polri, belum ada nama-nama calon pengganti Sigit.

Namun, menurut prediksi Indonesia Police Watch (IPW), terdapat empat perwira tinggi Polri yang disebut-sebut bakal menduduki posisi itu. Rinciannya, Kapolda Aceh Irjen Wahyu Widada, Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta, Kapolda Jabar Ahmad Dofiri, dan Wakabareskrim Irjen Wahyu Hadiningrat. (Devina Halim)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polri Terima Informasi Komjen Listyo Sigit Dilantik Jadi Kapolri Hari Rabu"

Selanjutnya: Istana terima surat persetujuan DPR atas pengangkatan Listyo Sigit sebagai Kapolri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli