Polytron Mulai Menggarap Pasar Televisi Digital



JAKARTA. Era peralihan televisi (TV) analog ke televisi digital terus bergulir. Rencananya, sistem siaran TV digital akan mulai diujicobakan pada Maret ini. Pemerintah akan melakukan uji coba TV digital hingga tahun 2012. Rencananya, pemerintah mulai menghentikan siaran televisi analog mulai tahun 2013-2017.

Beberapa produsen elektronik pun bersiap menyongsong era televisi digital ini. Salah satunya adalah PT Hartono Istana Teknologi, pemegang merek Polytron. Perusahaan ini mulai mengambil ancang-ancang untuk menelurkan produk TV digital. "Kami telah memproduksi rangkaian produk set top box dan TV digital," kata Handojo Soetanto, Manajer Produk Polytron, kemarin.

Set top box adalah perangkat tambahan untuk menerima sinyal digital. Sinyal ini dipancarkan oleh sistem digital video broadcasting terrestrial (DVB-T) yang kemudian diubah ke dalam sinyal analog agar dapat ditampilkan pada monitor teve analog. "Kami produksi ini karena teknologi ini bakal menjadi tren dunia," ungkap Handojo, Minggu (1/3).


Produk set top box buatan Polytron yang diberi nama Digital Video Broadcast (DVB) akan dipasarkan mulai bulan ini di kawasan Jabotabek dengan harga Rp 425.000.

Dari seluruh produsen televisi, Polytron adalah yang pertama merilis produk TV digital. "Kami tidak memasang target khusus dalam pemasarannya. Tapi, harapannya bisa menjaring seluruh pengguna televisi di Jabodetabek hingga tahun ini," ujar Handojo.

Selain itu, Polytron juga telah memproduksi televisi digital. Televisi ini sudah mengintegrasikan sistem DVB-T. Berbeda dengan set top box, televisi digital buatan Polytron ini sudah bisa langsung menangkap siaran secara digital. Omong-omong, berapa harganya? "Tunggu saja, biar nanti jadi kejutan," ujar Handojo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie