Ponsel Musik Nokia Bakal Dirilis Pertengahan Oktober



HELSINKI. Vendor ponsel asal Finlandia, Nokia, kembali berencana meluncurkan sebuah ponsel baru. Menurut salah satu retail ponsel Carphone Warehouse, ponsel terbaru tersebut sudah menanamkan fasilitas akses musik secara cuma-cuma. Rencananya, ponsel musik itu akan mulai dijual pada 17 Oktober di Inggris. Sayang, pihak Nokia belum mau memberikan komentar apa pun mengenai hal tersebut.

Catatan saja, Nokia belum lama ini memang berniat meluncurkan ponsel yang dilengkapi paket musik. Program yang dinamakan “Comes with Music” itu juga disertai dengan layanan-layanan musik lainnya. Dengan diluncurkannya ponsel teranyar ini, banyak pihak yang memprediksi, hal ini akan berdampak signifikan pada industri musik, khususnya penurunan penjualan CD. Produk Nokia ini juga diperkirakan akan menjadi saingan iTunes keluaran Apple yang saat ini mendominasi di pasar musik digital.

Dalam menyediakan layanan musik tersebut, Nokia menggandeng tiga perusahaan label musik utama. Sebut saja Universal, Sony BMG dan Warner Music Group. Dengan adanya kerjasama tersebut akan membantu Nokia dalam menjaring perusahaan-perusahaan musik yang lebih kecil. 


“Jika sukses, Comes with Music dan paket layanan lainnya menawarkan keuntungan yang menjanjikan pada perusahaan label musik yang belakangan pendapatannya semakin menurun dalam era digital,” ujar David MacQueen, analis dari Strategy Analytics.

Strategy Analytics mengatakan berdasarkan hasil survei konsumen yang dilakukan dapat diketahui permintaan akan paket Comes With Music sangat tinggi. Sekitar 84% responden menyatakan kesediaannya untuk membayar layanan tersebut. Dengan kata lain, Comes with Music merupakan kunci utama Nokia untuk meningkatkan layanannya dalam pasar ponsel saat ini. 

Para analis juga mengatakan, pada tahun lalu, iPhone menjadi salah satu pemain utama untuk ponsel yang menawarkan fasilitas musik. Namun, kini, posisi tersebut  boleh jadi disalip Nokia.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie