Ponsel Nokia di bawah Rp 1 juta segera meluncur



JAKARTA. Kabar terbaru datang dari Nokia tiba di Indonesia. Vendor ponsel asal Finlandia ini mengumumkan telepon genggam teranyarnya yang dibanderol di bawah harga US$ 100 atau di bawah Rp 1 juta per unit.

Ponsel tersebut bernama Nokia Asha 501. Nokia Asha 501 merupakan perangkat ponsel pertama yang berjalan di platform Asha. Ponsel dengan bobot 98 gram ini memiliki beberapa fitur baru, yakni "Home" dan “Fastlane”.

Home merupakan tampilan berbasis ikon untuk meluncurkan aplikasi atau mengakses fitur, seperti pengaturan ataupun panggilan telepon. Sementara itu,  Fastlane terinspirasi dari bagaimana cara konsumen menggunakan ponsel.


Kontak yang baru diakses ataupun jejaring sosial dan aplikasi disimpan dan ditampilkan di Fastlane. Fastlane ini menyediakan catatan bagaimana ponsel digunakan, memberikan kilasan aktivitas di masa lalu, sekarang, dan masa depan, serta membantu menyediakan akses terhadap fitur favorit pengguna.

"Nokia Asha 501 meningkatkan standar akan apa yang dapat dijangkau oleh smartphone dengan harga terjangkau dalam desain dan optimisasi," kataTimo Toikkanen, Executive Vice President Mobile Phones Nokia dalam siaran pers yang diterima KONTAN di Jakarta, Senin (13/5).

Nokia Asha 501 diperkirakan akan dikirim pada Juni 2013 mendatang. Ponsel dengan kamera 3.2 megapixel ini akan tersedia melalui kurang lebih 60 operator dan distributor di 90 negara yang tersebar di seluruh dunia.

Untuk Indonesia sendiri, Nokia akan bekerja sama dengan operator Telkomsel. Operator terbesar di Indonesia tersebut akan memberikan paket data khusus Nokia Telkomsel Asha yang menawarkan penggunaan data hingga 500 MB dan termasuk 60 menit waktu bicara dan 60 SMS.

Telkomsel juga akan memberikan satu bulan paket data gratis untuk pengguna Nokia Asha 501 yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas mobile internet, termasuk Facebook ataupun download aplikasi.

"Nokia Asha 501 akan mendukung kami untuk mendukung penggunaan mobile internet di Indonesia," tandas Alistair Johnston, Chief Marketing Officer Telkomsel. Adapun ponsel ini akan tersedia dalam model SIM tunggal dan dual SIM. Untuk pasar Indonesia, hanya akan tersedia dalam varian Dual SIM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri