KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemulihan ekonomi membuat bank optimistis bisnis
cash management bisa tumbuh dua digit di 2023. PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk atawa BTN (
BBTN) melihat
cash management sebagai motor utama untuk mendapatkan dana murah. SEVP Wholesale Banking BTN Benny Yoslim menyatakan telah menetapkan pengembangan
cash management sebagai salah satu program inisiatif prioritas di tahun 2023. Guna mendukung itu, BTN sudah membentuk divisi khusus yg bertanggung jawab menangani
cash management korporasi di kuartal keempat 2022. “Adapun target kami di 2023 adalah menumbuhkan transaksi
cash management minimal 30%,” ujar Benny kepada Kontan.co.id pada akhir pekan.
Ke depan, BTN akan menyasar penanganan transaksi ekosistem perumahan secara
end to end mulai dari transaksi pembeli perumahan, developer, kontraktor sampai dengan
supplier bahan bangunan. Adapun realisasi nominal transaksi
cash management bertumbuh 29% mencapai Rp 88 triliun per Desember 2022.
Baca Juga: Pendapatan Bank Besar di AS Berpotensi Tertekan Saat Bunga The Fed Naik Adapun Sekretaris Perusahaan Bank BNI Okki Rushartomo optimistis dapat meningkatkan transaksi bisnis
cash management hingga 15% di 2023. Selain itu, BNI menargetkan nilai transaksi
cash management sebesar lebih dari 40%. “Keyakinan tersebut diperkuat dengan peningkatan realisasi transaksi
cash management BNI pada November 2022, di mana jumlah transaksi meningkat sebesar 12% dan nilai transaksi meningkat sebesar 34% secara YoY,” ujar Okki. Okki mengatakan saat ini kondisi perekonomian Indonesia berada pada posisi stabil. Baik dari sisi makroekonomi, fiskal-moneter, dan dari kondisi sektor keuangan secara umum. “Tentunya kami optimistis memandang potensi bisnis tahun ini. BNI telah mempersiapkan berbagai solusi transaksional digital untuk seluruh nasabah korporasi dan komersial,” kata dia.
Baca Juga: BNI Proyeksikan Nilai Transaksi Cash Management Naik 40% di Sepanjang 2023 Okki menjelaskan, BNI akan terus menghadirkan sejumlah solusi andalan pada 2023 seperti Giro Multi-Currency, yaitu rekening yang dapat memudahkan transaksional dalam berbagai mata uang asing, dengan cukup membuka satu rekening giro. Selain itu, ada juga solusi API Corporate Disbursement yang ditujukan untuk solusi pembayaran dalam frekuensi dan volume yang tinggi. BNI juga memiliki BNIDirect KCLN yang memudahkan Indonesian related company di luar negeri untuk melakukan berbagai transaksi, dan all New BNIDirect Platform yang memudahkan nasabah dengan berbagai fitur terbarunya. “Beberapa fitur baru tersebut di antaranya adalah Single Sign On, manajemen keuangan perusahaan dari satu platform, dan Digital Onboarding,” kata Okki.
Baca Juga: Teka-Teki Merger Bank, 5 Bank Swasta Belum Beri Keterbukaan Penuhi Aturan Modal Inti Cash Management Division Head Bank OCBC NISP Amran Setiawan menyatakan optimistis bisnis
cash management di tahun 2023 tetap tumbuh meskipun ada tantangan kenaikan suku bunga. Ia melihat terdapat prospek yang cukup besar dari sektor logistik, kesehatan, dan pendidikan. Ia menyatakan secara kinerja, bisnis
wholesale diukur dari pendapatan bunga bersih alias
net interest income (NII) maupun dari pendapatan berbasis komisi atau
fee based income. Arman mengklaim kinerja bisnis
cash management di tahun lalu melebihi target yang telah ditetapkan. “Sebelum pandemi, kinerja bisnis
cash management mengalami pertumbuhan satu digit, pada 2023 ini kami optimistis bisa tumbuh dua digit. Pada 2022 juga sudah tumbuh dua digit,” ujar Amran.
Baca Juga: Loan at Risk Bank Terus Melandai, Ini Penyebabnya Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rudi As Aturridha menyebut nilai transaksi
cash management Bank Mandiri tumbuh 25% yoy menjadi lebih dari Rp 9.963 triliun. Peningkatan pertumbuhan tersebut didukung dengan peningkatan penggunaan Kopra by Mandiri. “Kami sendiri memperkirakan pada tahun ini, layanan
cash management akan kembali menjadi fitur unggulan pada super platform Kopra by Mandiri, yang merupakan
flag-ship layanan digital transaksional segmen
wholesale perseroan,” papar Rudi.
Dia optimis transaksi
cash management yang dilakukan nasabah
user Kopra by Mandiri akan dapat meningkat dan tumbuh signifikan. Mengingat sektor usaha domestik diperkirakan masih akan ekspansif seiring proyeksi positif pertumbuhan ekonomi tahun ini. Rudi melanjutkan, Bank Mandiri terus berinovasi mengembangkan fitur-fitur terbaru untuk menjawab kebutuhan nasabah melalui Kopra by Mandiri. Beberapa kemudahan yang diberikan kepada nasabah yaitu layanan pembukaan rekening giro secara online termasuk paket kanal transaksi yang dibutuhkan. “Tidak hanya itu, melalui Financial Consolidated Dashboard pada Kopra by Mandiri, nasabah memiliki keluasan visi dan kontrol atas keseluruhan aktivitas transaksi dan posisi dana keuangan. Semua kemudahan Kopra by Mandiri tersebut saat ini juga dapat diakses melalui varian mobile apps yang lebih praktis dan nyaman bagi para pelaku bisnis dimanapun dan kapanpun,” pungkas dia. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Wahyu T.Rahmawati