JAKARTA. Selain sebuah kata yang sangat populer di kalangan kaum muslim, Halal juga sangat popular di dunia bisnis terutama bisnis produk pangan. Bagi pelaku bisnis, kata halal bukan sekedar konsep agama, ia juga memiliki makna global, yaitu peluang bisnis. Bahkan banyak perusahaan yang memandang konsep halal sebagai alat baru untuk pemasaran. Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Rosan Perkasa Roeslani mengatakan, tren pasar luar negeri dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan bahwa perkembangan pasar produk halal global terus meningkat sehingga pencantuman tanda halal menjadi sebuah strategi dalam menghadapi tantangan globalisasi pemasaran produk. "Tanda halal suatu produk menjadi sebuah instrumen penting untuk memperoleh akses pasar dan memperkuat daya saing produk domestik di pasar global," kata Rosan, Senin (1/8).
Potensi besar dari bisnis halal
JAKARTA. Selain sebuah kata yang sangat populer di kalangan kaum muslim, Halal juga sangat popular di dunia bisnis terutama bisnis produk pangan. Bagi pelaku bisnis, kata halal bukan sekedar konsep agama, ia juga memiliki makna global, yaitu peluang bisnis. Bahkan banyak perusahaan yang memandang konsep halal sebagai alat baru untuk pemasaran. Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin), Rosan Perkasa Roeslani mengatakan, tren pasar luar negeri dalam beberapa tahun terakhir menunjukkan bahwa perkembangan pasar produk halal global terus meningkat sehingga pencantuman tanda halal menjadi sebuah strategi dalam menghadapi tantangan globalisasi pemasaran produk. "Tanda halal suatu produk menjadi sebuah instrumen penting untuk memperoleh akses pasar dan memperkuat daya saing produk domestik di pasar global," kata Rosan, Senin (1/8).