Potensi gagal bayar Italia menjulang, ini merupakan krisis sistemik



JAKARTA. Credit default swap (CDS) atau indikator potensi gagal bayar milik Italia berada di posisi tertinggi sepanjang sejarah. Data CDS negeri yang terkenal dengan pizza ini mencapai 303,07.

Posisi terendah CDS Italia ada di 124,17 pada 8 April 2011. Sedangkan rata-rata CDS negeri tersebut sebesar 168,97. Informasi saja, indikator CDS menjadi gambaran terhadap kondisi keuangan suatu negara. Semakin tinggi angka CDS, potensi gagal bayar utang negeri tersebut akan semakin tinggi.

Krisis yang menjalar ke sebagian besar negara Eropa ini membuat investor khawatir. Sebagai gambaran saja, imbal hasil atau yield benchmark obligasi term 10 tahun Spanyol dan Italia saat ini semakin sempit menjadi 35 poin. Yield obligasi Italia melonjak hingga 71 basis poin dalam lima hari terakhir dan merupakan titik tertinggi selama sembilan tahun terakhir.


"Kondisi ini bisa mengubah segalanya," kata Antonio Garcia Pascual, Kepala ekonom Barclays Capital di London. Ia menilai, krisis Eropa ini sudah menjadi penyakit sistemik yang akan menyita perhatian Uni Eropa.

Editor: