Potongan Tubuh Manusia Diduga Ditemukan di Puing-Puing Kapal Selam Titan



KONTAN.CO.ID -  NEW YORK. Penjaga Pantai Amerika Serikat (AS) melaporkan penemuan sisa-sisa tubuh manusia di dalam reruntuhan kapal selam Titan. Potongan-potongan kapal selam tersebut ditemukan di St John's, Kanada, pada hari Rabu (28/6), setelah kapal selam meledak saat menyelam ke bangkai kapal Titanic.

Para pejabat menginformasikan bahwa kerangka kapal selam dan penutup belakang ditemukan di antara puing-puing yang ada. Pihak penjaga pantai AS akan melakukan analisis formal terhadap dugaan jenazah tersebut, seperti yang diungkapkan dalam pernyataan mereka.

Badan ini sedang dalam tahap awal penyelidikan untuk mengetahui penyebab bencana ini. Marine Board of Investigation (MBI) Coast Guard akan membawa bukti ke pelabuhan AS untuk analisis dan pengujian lebih lanjut.


Baca Juga: Daftar 5 Korban Kapal Selam Wisata Puing Titanic, Ada Miliarder Inggris & Pakistan

Ketua MBI, Kapten Jason Neubauer, menyatakan dalam pernyataan bahwa "masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan untuk memahami faktor-faktor yang menyebabkan bencana hilangnya Titan dan membantu mencegah terjadinya tragedi serupa di masa depan."

Kapten Neubauer juga mengucapkan terima kasih atas dukungan internasional dan kerja sama antarlembaga dalam memulihkan dan melestarikan bukti-bukti penting ini di kedalaman laut yang ekstrem.

Pada tanggal 18 Juni, kelima orang yang berada di kapal tersebut tewas setelah kapal meledak saat menyelam untuk melihat bangkai kapal Titanic yang terkenal, yang berada di kedalaman 3.800 m (12.500 kaki) di Atlantik Utara.

Penumpang yang tewas meliputi kepala OceanGate, Stockton Rush (61 tahun); penjelajah Inggris Hamish Harding (58 tahun); Shahzada Dawood (48 tahun) dan putranya Suleman Dawood (19 tahun); serta penyelam Perancis Paul-Henry Nargeolet (77 tahun).

Baca Juga: "Ladang puing" Ditemukan di Lokasi Kapal Selam Wisata Bangkai Kapal Titanic

Awalnya, para pejabat skeptis terhadap kemungkinan pemulihan jenazah. "Ini adalah lingkungan yang sangat tidak ramah di dasar laut," ujar Laksamana John Mauger, Penjaga Pantai, setelah kehilangan kapal dikonfirmasi.

Cpt Neubauer mengungkapkan bahwa jika sisa-sisa manusia ditemukan, penyelidik akan mengambil "segala tindakan pencegahan" dan kemungkinan akan melakukan sidang formal dengan saksi-saksi.

Hingga saat ini, lima bagian utama kapal selam telah ditemukan di lapangan puing-puing besar di dekat haluan Titanic, menurut pihak penjaga pantai. 

Editor: Noverius Laoli