PPP harus akomodir kubu-kubu yang berseberangan



JAKARTA. Partai Persatuan Pembangunan baru saja melakukan islah atau berdamai yang kedua kalinya atas konflik internal mereka. Pengamat politik Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing menilai, internal PPP masih rawan konflik jika pimpinan partai belum mampu mengakomodir kepentingan dua kubu yang sempat berselisih.

"Apakah bisa lebih solid, tergantung kepada dua kepentingan ini mengerucut. Yang memimpin PPP mengakomodasi kepentingan kelompok faksi SDA (Ketua Umum PPP Suryadharma Ali) dan Rommy (Sekretaris Jenderal PPP Romahurmuziy)," ujar Emrus saat dihubungi, Senin (13/10/2014) malam.

Menurut Emrus, wajar apabila dalam sebuat partai terdapat beberapa faksi karena dinamika politik sifatnya tidak permanen. Oleh karena itu, kata Emrus, PPP butuh sosok pemimpin yang posisinya kuat dan dapat diterima oleh semua kader.


"Pemimpin itu harus orang yang kredibel dan punya pengaruh kuat di PPP. Kalau orangnya punya pengaruh kuat maka partainya akan solid," ujarnya.

Emrus menilai pimpinan PPP saat ini belum dapat mewujudkan sosok yang berpengaruh kuat itu karena nyatanya berkali-kali PPP dirundung konflik, kemudian berdamai. Ia berharap, pimpinan PPP selanjutnya dapat merekatkan kembali celah pemicu konflik tersebut.

"Jika ini tidak dapat diwujudkan oleh PPP, saya pikir ini akan bisa muncul lagi konflik," kata Emrus.

Informasi saja, pasca-pelaksanaan pemilihan presiden, PPP kembali mengalami konflik internal. Salah satu akibat dari konflik ini adalah perbedaan pelaksanaan Muktamar VIII.

Selain kubu Rommy, pihak Suryadharma Ali juga berencana menyelenggarakan Muktamar VIII di Jakarta pada 23-26 Oktober 2014. Namun, kini kedua kubu telah islah dan menyepakati delapan keputusan Mahkamah Partai untuk menyelesaikan konflik. Isi delapan keputusan tersebut antara lain membatalkan aksi pecat memecat antara kubu Suryadharma dan kubu Rommy serta pelaksanaan Muktamar VII PPP. (Ambaranie Nadia Kemala Movanita)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie