Prabowo Beri Pesan Tegas ke Calon Menteri untuk Tidak Korupsi



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden terpilih Prabowo Subianto memberikan pesan tegas kepada jajaran calon menterinya saat pembekalan yang digelar di kediaman pribadinya di Hambalang, Kabupaten Bogor, Rabu (18/10/2024).

Prabowo menekankan pentingnya menjaga integritas dan mencegah kebocoran Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebagai salah satu fokus utama pemerintahan mendatang.

Baca Juga: Kabinet Era Prabowo Makin Gemoy Disaat Penerimaan Negara Lesu


Nusron Wahid, politikus Partai Golkar yang hadir dalam pembekalan tersebut, menyebutkan Prabowo memberikan arahan langsung kepada para calon menteri untuk menghindari praktik korupsi dan menjaga pengelolaan APBN tetap efisien.

"Pembekalannya ya nanti kalau diangkat kerja yang baik, terus jangan korupsi," kata Nusron, menirukan pesan yang disampaikan Prabowo, kepada awak media usai mengikuti pembekalan.

Dalam arahannya, Prabowo juga meminta supaya para calon menteri dapat berperan aktif dalam penghematan anggaran di berbagai sektor.

Menurut Nusron, Prabowo menegaskan setiap rupiah dari APBN harus digunakan secara tepat dan bermanfaat bagi kepentingan rakyat.

Baca Juga: Koalisi Gemuk Prabowo Bikin Anggaran Bengkak Rp 1,95 Triliun Hanya untuk Gaji Menteri

"Harus membantu penghematan biaya-biaya APBN. Jangan sampai APBN bocor," ujar Nusron.

Tidak hanya soal penghematan, Nusron juga menyampaikan Prabowo berpesan supaya para menterinya mengamankan aset negara.

Nusron menyampaikan, Prabowo mengingatkan calon menteri untuk menjaga kedaulatan aset negara, termasuk hutan, tanah, dan laut dari tangan-tangan pihak asing yang tidak bertanggung jawab.

Prabowo sebelumnya menyampaikan pesan kuat kepada partai-partai koalisinya terkait menteri-menteri yang akan ditunjuk.

"Semua ketua umum, semua perwakilan, saya katakan, saudara-saudara jangan menugaskan menteri-menteri yang saudara tunjuk di pemerintahan yang akan saya pimpin, jangan saudara tugaskan mencari uang dari APBN," kata Prabowo dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Legislatif PKB di Jakarta, Kamis (10/10/2024).

Baca Juga: Hitungan Indef, Program Makan Bergizi Gratis Dorong PDB Rp 4.510 Triliun di 2025

Prabowo menegaskan era digital saat ini menuntut transparansi. Partai politik harus lebih berhati-hati dalam mengelola APBN agar tidak terjebak dalam praktik korupsi yang dapat merusak kepercayaan publik.

Kegiatan pembekalan calon-calon menteri Prabowo berlangsung selama dua hari yaitu pada Rabu (16/10/2024) pukul 08.00 WIB-16.00 WIB, kemudian dilanjutkan pada Kamis (17/10/2024) pukul 09.00 WIB-16.00 WIB.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Wejangan Prabowo ke Calon Menteri Supaya Jangan Korupsi", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2024/10/17/15040881/wejangan-prabowo-ke-calon-menteri-supaya-jangan-korupsi.

Selanjutnya: Mulai Bulan Ini Dana Pensiun Tak Lagi Bisa Dicairkan Sebelum 10 Tahun

Menarik Dibaca: Promo Alfamart Toys Fair 16-31 Oktober 2024, Hot Wheels-Slime Diskon s/d 70%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto