Prabowo Disebut Targetkan Susunan Kabinet Rampung pada 15 Oktober



KONTAN.CO.ID- JAKARTA. Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan presiden terpilih Prabowo Subianto menargetkan sudah selesai menyusun kabinet pada H-5 pelantikan atau 15 Oktober 2024. 

Dasco mengakui penyusunan kabinet Prabowo agak lama karena ada dinamika terkait nama-nama yang masuk dalam susunan kabinet. 

"Nah ini masih kemudian ada yang masuk, ada yang tarik, sehingga mungkin fix final kabinet itu agak lama ya. Tetapi tentunya presiden terpilih punya target kemungkinan H-5 sudah selesai," ujar Dasco di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (30/9/2024). 


Dasco menjelaskan, nomenklatur kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran masih fluktuatif dan dinamis. 

Dia pun mengklaim orang-orang dari kalangan profesional lebih banyak dipilih Prabowo ketimbang elite partai.

Baca Juga: Ambassador Bambu Bike Club, Diplomasi dengan Fun, Substansi dan Perspektif Politik

"Saya belum bisa memberikan jawaban yang pasti. Dan nanti kita akan sama-sama lihat karena itu adalah prerogatif daripada presiden terpilih. Nah seperti apa nanti postur kabinetnya, nanti kita akan lihat pada waktunya nanti," ujar Dasco. 

Dasco pun mengakui bahwa Prabowo bertemu dengan sejumlah tokoh di kediamannya di Hambalang, Bogor, Jumat (27/9/2024) lalu. 

Menurut Dasco, pertemuan itu rutin dilakukan karena Prabowo kerap berdiskusi dengan tokoh-tokoh politik pada akhir pekan, tanpa berkaitan dengan penyusunan kabinet. 

"Sehingga sudah saya jelaskan kemarin bahwa tidak ada korelasinya dengan pemanggilan calon-calon menteri," ujar dia.

Baca Juga: Soal Tempatkan Kader PDI-P di Kabinet Prabowo atau Tidak, Puan: Kita Tunggu Saja

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Prabowo Disebut Targetkan Susunan Kabinet Rampung pada 15 Oktober", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2024/09/30/11523921/prabowo-disebut-targetkan-susunan-kabinet-rampung-pada-15-oktober.

Selanjutnya: Koneksi Internet Stabil Jadi Kunci Penggunaan QRIS di Indonesia

Menarik Dibaca: Cara Reset iPhone 12 untuk Mengatur Ulang agar Kembali Seperti HP Baru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati