Prabowo: Indonesia Harus Segera Mencapai Swasembada Pangan, Jadi Lumbung Pangan Dunia



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Usai melaksanakan pelantikan, Presiden Prabowo Subianto memberikan sejumlah pesan dalam pidatonya. Salah satunya, Prabowo menegaskan bahwa Indonesia harus segera swasembada pangan. 

Prabowo menjelaskan Indonesia tidak boleh lagi bergantung sumber makanan dari luar negeri. Dalam segala kondisi baik itu krisis dan dalam keadaan genting menurutnya tidak akan ada yang mengizinkan barang-barang dari luar negeri untuk masuk ke Indonesia. 

"Indonesia harus segera swasembada pangan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya," ujar Prabowo dalam pidatonya, Minggu (20/10). 


Baca Juga: Prabowo: Ekonomi Tahun Depan Penuh Tantangan, Jangan Terlena!

Prabowo mengatakan tidak ada jalan lain dalam Waktu sesingkat-singkatnya Indonesia harus segera mencapai ketahanan pangan. Menurutnya Indonesia harus mampu memproduksi dan memenuhi kebutuhan pangan untuk seluruh rakyat Indonesia. 

"Saya yakin paling lambat hingga lima tahun kita akan swasembada pangan bahkan kita siap menjadi lumbung pangan dunia," ungkapnya. 

Baca Juga: Prabowo Janji Pimpin Indonesia dengan Tulus dan Utamakan Kepentingan Rakyat

Selain itu, Prabowo juga menyebutkan Indonesia harus segera mencapai swasembada energi. Dalam kondisi yang memungkinkan terjadi perang di mana-mana menurutnya Indonesia arus waspada. Indonesia tidak bisa lagi bergantung sumber kebutuhan energi kepada negara lain. 

"Kita diberi karunia oleh tuhan maha besar, adanya tanaman-tanaman seperti kelapa sawit, singkong, tebu, sagu, jagung dan lainnya yang sangat bisa diolah dan dimanfaatkan," jelasnya. 

Selanjutnya: Hujan Guyur Daerah Ini, Simak Cuaca Besok (21/10) di Jawa Barat

Menarik Dibaca: Sebagian Wilayah Hujan Ringan, Ini Prakiraan Cuaca Besok (21/10) di Jawa Tengah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .