Prabowo Segera Panggil Calon Menteri, Jadwalnya Diputuskan Akhir Pekan Ini



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan, para calon menteri untuk pemerintahan mendatang segera dipanggil oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto. 

Menurut Dasco, jadwal pertemuan tatap muka antara Prabowo dengan para calon menterinya itu masih terus pembahasan, dan bakal diputuskan pada akhir pekan ini.  “Proses pemanggilan ini, masih pengundangannya, masih dibicarakan, kemungkinan baru besok atau minggu baru final. Kemudian baru akan dilakukan pengundangan kepada para calon,” ujar Dasco di kediaman Prabowo, Jumat (11/10). 

Meski begitu, Dasco enggan mengungkapkan di mana pertemuan dengan para calon menteri bakal dilaksanakan. Dia juga enggan menduga-duga siapa saja sosok-sosok yang dipanggil, dan kapan agenda itu berlangsung. 


Baca Juga: Mencari Figur Calon Menteri yang Pimpin BUMN di Era Prabowo-Gibran

Dia hanya menegaskan bahwa para calon menteri bakal terlebih dahulu bertemu dengan Prabowo sebelum resmi masuk ke kabinet.  “Ya kita lihat nanti. Tapi kan mestinya kalau calon-calon menteri enggak mungkin dilantik kalau belum bertemu (Prabowo) kan,” ucap Dasco. 

Diberitakan sebelumnya, Prabowo Subianto disebut terlibat langsung dalam menyeleksi langsung para calon menteri yang bakal duduk di kabinetnya mendatang. 

Dasco menyebutkan, Prabowo memang punya tim yang menyeleksi calon menteri, tetapi ketua umum Partai Gerindra itu tetap mewawancarai langsung para calon menteri. 

"Walaupun sudah dilakukan oleh tim tapi akan langsung oleh Pak Prabowo untuk dilakukan sesi tatap muka untuk kemudian dalam tahap finalisasi," ujar Dasco di Kompleks Parlemen, Jakarta, Jumat (11/10). 

Dasco pun menjelaskan bahwa ada sejumlah tahap dalam proses seleksi calon menteri kabinet Prabowo.

Baca Juga: Prabowo bakal Tambah Kementerian, Siap-Siap Belanja Negara Bengkak

Pertama, para kandidat diminta menyerahkan biodata untuk dicek profilnya oleh tim yang telah dibentuk. Setelah proses itu, tim tersebut bakal melakukan uji kelayakan kepada para kandidat menteri.

"Pertama tentunya diminta biodata kemudian profiling lalu finalisasi nanti akan ada semacam fit and proper," ucap Dasco.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Prabowo Segera Panggil Para Calon Menteri, Jadwalnya Diputuskan Pekan Ini"

Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2024/10/11/21454921/prabowo-segera-panggil-para-calon-menteri-jadwalnya-diputuskan-pekan-ini.

Selanjutnya: TikTok PHK Ratusan Karyawan Global: Fokus pada AI untuk Moderasi Konten

Menarik Dibaca: Havaianas Warehouse Big Sale 2024, Ini Saatnya Bersantai di Bali dan Nikmati Diskon

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi