Prancis Melaporkan Rekor Harian Kasus COVID-19 yang Memusingkan Mencapai 208.000



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Prancis melihat "tsunami" infeksi COVID-19, dengan 208.000 kasus dilaporkan selama 24 jam terakhir pada hari Rabu, menjadikan rekor secara nasional maupun Eropa, Menteri Kesehatan Olivier Veran mengatakan kepada anggota parlemen.

Prancis telah memecahkan rekor infeksi berulang kali selama beberapa hari terakhir, dengan 180.000 kasus Selasa sudah menjadi yang tertinggi untuk sebuah negara di Eropa, menurut data di Covidtracker.fr. Artinya, 24 jam sehari, siang dan malam, setiap detik di negara kita, dua orang Prancis terdiagnosis positif," kata Veran. 

“Kami belum pernah mengalami situasi seperti itu,” katanya, menggambarkan peningkatan kasus sebagai “memusingkan”.

Infeksi global COVID-19 telah mencapai rekor tertinggi selama tujuh hari terakhir, data dari kantor berita Reuters dan AFP menunjukkan pada hari Rabu, ketika varian Omicron baru menyebar dengan cepat, membuat banyak pekerja tetap di rumah dan membanjiri pusat pengujian.

Situasi di rumah sakit Prancis sudah mengkhawatirkan karena varian Delta, kata Veran, dengan Omicron belum berdampak, sesuatu yang dia katakan pada akhirnya akan terjadi.

“Kami memiliki dua musuh,” katanya, mengacu pada dua varian utama. 

Baca Juga: WHO: Omicron Masih Timbulkan Risiko yang Sangat Tinggi

“Untuk Omicron, saya tidak akan lagi berbicara tentang ombak. Ini adalah gelombang pasang, di mana beberapa gelombang bergabung menjadi satu gelombang besar,” katanya.

Menteri telah memperingatkan pada hari Senin bahwa Prancis dapat mencapai lebih dari 250.000 kasus COVID setiap hari pada awal Januari, karena seminggu pesta Natal dan kumpul-kumpul keluarga yang tidak terbatas memicu penyebaran penyakit.

Setelah rapat kabinet untuk membahas krisis pada hari Senin, Perdana Menteri Jean Castex mengumumkan beberapa langkah untuk mencoba menahan epidemi, tetapi menghindari penutupan massal atau penguncian yang telah diperkenalkan kembali di negara-negara Uni Eropa lainnya seperti Belanda.

Beberapa pembatasan baru, seperti larangan makan di kereta berkecepatan tinggi atau berdiri di kafe dan bar, dikecam oleh para kritikus dan lawan politik karena terlalu terbatas untuk efektif. Pemerintah mengumumkan pada hari Rabu bahwa sekitar 1.600 klub malam di negara itu akan tetap ditutup selama tiga minggu setelah mereka diperintahkan tutup pada 6 Desember.

Menteri Dalam Negeri Gerald Darmanin juga telah mendorong pejabat setempat untuk membatasi pertemuan publik pada Malam Tahun Baru, khususnya dengan mewajibkan masker wajah di luar ruangan dan meningkatkan patroli polisi untuk menegakkan larangan konsumsi alkohol publik pada malam hari.

Editor: Handoyo .