Prediksi IHSG Kamis (6/1) Melemah Lagi, Ini Pilihan Saham untuk Trading Menguntungkan



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Prediksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Kamis 6 Januari 2022 akan melemah lagi. Meski demikian, saat IHSG diprediksi melemah, investor bisa meraih cuan dengan trading pada sejumlah saham pilihan berikut.

Prediksi IHSG hari ini melemah melanjutkan penurunan pada perdagangan hari Rabu 5 Januari 2022. IHSG ditutup melemah 0,49% ke level 6.662,299 pada perdagangan Rabu (5/1).

Secara teknikal, analis Henan Putihrai Sekuritas Mayang Anggita prediksi IHSG akan melemah di bawah titik previous high 6.688 dan berpotensi melanjutkan pelemahan menuju dynamic support pada 3 lapis MA di rentang 6.610-6.603, sebelum kembali menguji support lower channel (biru) di sekitar 6.560.


Level ini diharapkan mampu menjadi pertahanan terakhir demi menjaga tre  naik tetap solid, untuk kemudian rebound menuju resistance previous high  6.734-6.755, disusul FR1,272 sampai dengan target dari pola triangle (hijau) di seputaran 6.827-6.850. 

“Para pemodal disarankan untuk disiplin dalam penerapan money management,” terang Mayang.

Mayang prediksi IHSG pada Kamis (6/1) akan bergerak dengan support 6.610 dan resistance 6.734.

Analis Pilarmas Investindo Sekuritas Okie Setya Ardiastama menganalisa penurunan IHSG hari Rabu kemarin seiring dengan pergerakan pasar saham Asia yang mayoritas bergerak melemah. Pasar saham merespon naiknya yield obligasi Amerika Serikat (AS). Selain itu, pelaku pasar juga mencermati dampak dari pengetatan aktivitas.

Senada, Analis Binaartha Sekuritas Lingga Pratiwi menyebut, penurunan indeks seiring adanya kekhawatiran pelaku pasar pada pengetatan kebijakan moneter oleh Bank Sentral AS, The Fed. 

Potensi sikap The Fed yang lebih hawkish juga sempat membuat imbal hasil (yield) obligasi pemerintah Negeri Paman Sam bertenor 10 tahun naik hingga menyentuh kisaran level 1,7%.  

Baca Juga: IHSG Turun 0,49% ke 6.662 pada Perdagangan Rabu (5/1), Asing Net Buy Rp 802,04 Miliar

“Pelaku pasar juga memantau perkembangan Omicron di tengah meningginya kasus positif di berbagai negara,” terang Lingga kepada Kontan.co.id, Rabu (5/1).

Lingga menilai, investor akan cenderung ambil untung (taking profit) dari dua hari lalu dengan kenaikan IHSG yang signifikan. Untuk perdagangan hari ini (5/1), Linga prediksi IHSG rawan terkoreksi meskipun ada potensi rebound terbatas. IHSG diperkirakan bergerak di rentang  6.800-6.600.

Sejumlah saham pilihan Lingga antara lain PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), PT Mahaka Radio Integra Tbk (MARI), PT  Dharma Polimetal Tbk (DRMA), PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA).

Sementara Okie prediksi IHSG  akan bergerak melemah terbatas dengan support 6.621 dan resistance 6.720 pada perdagangan hari ini, Kamis (6/1). "Pertambahan jumlah kasus baru dari dalam negeri akan menjadi fokus pelaku pasar saat ini,” terang Okie.  

Saham yang dapat dicermati yaitu BBRI, PT Prodia Widyahusada Tbk (PRDA),  dan PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR).

Harga saha, BBRI pada perdagangan Rabu (5/1) ditutup menguat di level 4.210, naik 50 poin atau 1,20% dibandingkan sehari sebelumnya.

Itulah prediksi IHSG dan rekomendasi saham pilihan untuk trading hari ini. Semoga cuan!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto