KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Asuransi Simas Insurtech meyampaikan, per Januari 2025, pendapatan premi asuransi pada kanal digital tumbuh lebih dari 75% secara year on year (YoY). Sayangnya, Simas Insurtech tak menyebutkan besaran total pendapatan premi dari asuransi kanal digital tersebut. “Kami sudah memanfaatkan metode dan distribution channel digital dalam hal pemasaran produk asuransi sehingga premi asuransi pada kanal digital terus tumbuh setiap tahunnya,” kata Direktur Utama Simas Insurtech, Teguh Aria Djana kepada Kontan, Rabu (19/2). Teguh menerangkan, kenaikan premi asuransi pada kanal digital tersebut didorong penuh oleh perusahaan fintech yang peminatnya terus bertambah setiap tahunnya.
Baca Juga: Simas Insurtech Catat Pendapatan Premi Asuransi Kendaraan Rp 23 Miliar pada 2024 Sedangkan untuk besaran total pendapatan premi di Simas Insurtech, Teguh bilang, per Januari 2025 sudah mencapai Rp 600 miliar. Angka ini meningkat sebesar 80% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu. Dengan tren positif tersebut, Teguh memproyeksi pada tahun 2025, bisnis asuransi di kanal digital masih akan tumbuh. Namun hal ini perlu diimbangi juga dengan daya beli masyarakat di platform digital seperti e-commerce, online travel agent, dan fintech, mengingat pertumbuhan premi di asuransi digital memang masih memanfaatkan peluang metode affinity dengan platform tersebut. Baca Juga: Simas Insurtech Targetkan Pendapatan Premi Asuransi Kendaraan Rp 50 Miliar Tahun Ini Adapun strategi yang akan dilakukan Simas Insurtech untuk meningkatkan kinerja asuransi pada kanal digital di tahun ini diantaranya yaitu, mengoptimalkan saluran distribusi penjualan secara digital, baik melalui broker, bank, dan affinity lainnya. “Kami juga terus mengembangkan penjualan direct secara digital dengan kemudahan proses terbit polis dan klaim termasuk inovasi produk yang berorientasi pada customer centric,” kata dia. Tak hanya itu, Teguh menuturkan bahwa Simas Insurtech juga akan meningkatkan kerja sama dengan digital partner yang sudah terjalin selama ini, dengan tambahan produk-produk asuransi baru.