Premi Tugu Insurance Naik 82% Hingga Juli 2024



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk atau Tugu Insurance mencatatkan kinerja positif pada periode Januari-Juli 2024. Premi bruto Tugu Insurance naik signifikan sebesar 82% bila dibandingkan dengan pencapaian di periode yang sama tahun lalu. 

Presiden Direktur Tugu Insurance, Tatang Nurhidayat mengatakan sejumlah faktor yang mempengaruhi pertumbuhan kinerja termasuk kenaikan premi Tugu Insurance antara lain, dari sisi eksternal perusahaan, datang dari peningkatan kinerja didukung oleh kondisi industri asuransi umum yang terus tumbuh dan perekonomian Indonesia yang semakin membaik.

Sedangkan dari sisi internal perusahaan, Tatang bilang faktornya datang dari kinerja positif Tugu Insurance yang didukung oleh pertumbuhan pada beberapa lini bisnis.


Dia menyebutkan, segmen bisnis yang memberikan kontribusi terbesar terhadap perolehan premi bruto Tugu Insurance yakni dari lini bisnis asuransi kebakaran. Di mana, pada Juli 2024, segmen ini berhasil tumbuh sebesar 157% secara tahunan.

Baca Juga: Premi Asuransi Umum di Indonesia Tumbuh Pesat, Tantangan Ekonomi Tetap Menghantui

“Pencapaian produksi premi di lini bisnis ini terbukti berhasil melampaui target yang telah ditetapkan oleh perusahaan,"  kata Tatang kepada Kontan.co.id, Senin (16/9)

Tak hanya itu, Tatang mengatakan bahwa terdapat beberapa strategi yang dilakukan Tugu Insurance misalnya dengan mengelola risiko secara tepat. Kemudian, Tugu Insurance juga terus mengoptimalkan captive business di beberapa sektor andalan dan melakukan penetrasi pada non-captive business. 

Tugu Insurance juga berupaya mencari sumber pertumbuhan baru dengan melakukan penetrasi segmen korporasi di BUMN lainnya maupun non BUMN, hingga ke segmen ritel. 

“Tugu Insurance berusaha membangun strategi pemasaran yang efektif dengan mengembangkan berbagai kanal distribusi baru. Tujuannya adalah untuk memperluas jangkauan pasar," imbuhnya. 

Baca Juga: Pendapatan Premi Asuransi Umum Meningkat Tajam, Begini Kondisi Sejumlah Pemain

Tatang menerangkan bahwa pihaknya juga terus melakukan diversifikasi produk dengan mengembangkan berbagai produk yang kompetitif, serta meningkatkan layanan dan digitalisasi agar dapat meningkatkan loyalitas pelanggan. 

“Dengan sejumlah strategi tersebut, kami berharap mampu untuk tumbuh dan menunjukkan kinerja positif,” ungkapnya. 

Sebagai informasi, premi asuransi umum melaju lebih kencang dibandingkan dengan asuransi jiwa. Hal ini tercermin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menyebutkan bahwa pada Juli 2024, pendapatan premi asuransi umum dan reasuransi naik 14,28% secara year on year (YoY) atau tahunan menjadi Rp 88,77 triliun. Sedangkan premi asuransi jiwa hanya tumbuh 2,15% menjadi Rp 104,3 triliun. 

Selanjutnya: Link Live Streaming PSBS Biak vs Madura United di BRI Liga 1 Pukul 15.30 WIB

Menarik Dibaca: Promo Pizza Hut Delivery September 2024, Menu Pizza Jumbo Bigzilla Rp 35.000

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati