Presiden Jokowi Resmikan Smelter Tembaga Amman Mineral



KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan smelter tembaga milik PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN) pada Senin (23/9).

Jokowi mengatakan, peresmian smelter tembaga Amman Mineral ini kian memperkokoh posisi Indonesia yang merupakan salah satu produsen tembaga dunia.

"Kita sudah memasuki babak baru dalam hilirisasi industri tembaga dan kita ingin menyongsong menjadi negara industri maju dengan mengolah sumber daya alam sendiri," kata Jokowi dalam siaran langsung yang ditayangkan di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin (23/9).


Jokowi melanjutkan, sebagai salah satu produsen utama tembaga global, Ia ingin agar Indonesia memasok kebutuhan produksi tembaga yang digunakan untuk berbagai macam kebutuhan seperti lembaran katoda, industri kabel hingga copper foil.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Smelter Tembaga Amman di NTB Senilai Rp 21 Triliun

"Semuanya yang bisa kita produksikan disini kita lakukan, bukan lagi mengekspor bahan mentah atau raw material. Alhamdulillah hari ini kita akan meresmikan smelter tembaga dan pemurnian logam mulia PT Amman Mineral dengan investasi Rp 21 triliun," jelas Jokowi.

Kapasitas input tembaga proyek ini mencapai 900 ribu kilo ton per tahun (ktpa) konsentrat dari tambang Batu Hijau dan proyek Elang nantinya. 

Produk dari pengolahan ini akan berupa katoda tembaga yang mencapai 222 ribu ktpa dan asam sulfat mencapai 830 ribu ktpa. Sementara itu, fasilitas PMR akan menghasilkan 18 tpa emas batangan, 55 tpa perak batangan dan 70 tpa selenium.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia menjelaskan, pembangunan proyek smelter ini menghadapi beragam tantangan mulai dari investasi hingga Pandemi Covid-19. 

Bahlil menambahkan, smelter Amman Mineral menjadi smelter pertama yang dimiliki pengusaha nasional.

"Amman adalah perusahaan yang meletakan awal sejarah panjang untu membangun hilirisasi disektor tembaga," ujar Bahlil.

Baca Juga: Gelombang PHK Melanda, Celios: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Tidak Berkualitas

Selanjutnya: Era Suku Bunga Rendah Dimulai, Instrumen Investasi Ini Jadi Semakin Menarik

Menarik Dibaca: Boleh Anda Coba! Begini Cara Menurunkan Asam Urat Alami yang Mudah dan Sederhana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati