Presiden Jokowi Tekankan Netralitas Aparat pada Pemilu 2024



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menekankan agar seluruh aparatur sipil negara (ASN) pemerintahan baik di tingkat kabupaten/kota hingga tingkat pusat untuk menjaga netralitasnya pada Pemilu 2024. Hal yang sama juga berlaku bagi aparat TNI-Polri.

"Perlu saya sampaikan bahwa pemerintah daerah, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten pemerintah kota, pemerintah pusat semua harus netral. ASN semua harus netral. TNI semua harus netral. Polri semua harus netral," ujarnya dalam Kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (1/11).

Adapun mengenai adanya informasi pemindahan atribut-atribut partai saat Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Bali, ia mengimbau agar pemerintah daerah berkomunikasi dengan para pengurus partai di daerah.


Baca Juga: Presiden Jokowi Bahas Netralitas Pada Pemilu 2024 Saat Makan Siang Bareng Tiga Capres

"(Pemda) Berkomunikasi dengan pengurus partai di daerah. Jangan sampai nanti terjadi miskomunikasi dan menjadikan semuanya tidak baik," ujarnya.

Netralitas ASN sebelumnya sudah disampaikan Jokowi saat arahan kepada para Pejabat Kepala Daerah seluruh Indonesia pada Senin (30/10) lalu di Istana Negara Jakarta. Dimana Jokowi menegaskan agar para kepala daerah terus memberikan dukungan kepada KPUD dan Bawaslu tanpa melakukan intervensi apapun, serta memastikan netralitas ASN terjaga. 

“Saya minta jangan sampai memihak. Itu dilihat lho, hati-hati. Bapak, Ibu dilihat. Mudah sekali kelihatan Bapak, Ibu memihak atau enggak. Klik, sudah. Dan juga pastikan ASN itu netral,” kata Jokowi. 

Apabila terjadi pergolakan di masyarakat, Presiden meminta agar pemerintah daerah segera menyelesaikan permasalahan tersebut.  “Segera selesaikan kalau ada percikan-percikan yang berkaitan politik. Selesaikan dengan (segera),” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi