Presiden Turki Meminta AS Cabut Sanksi yang Menghambat Pembelian Peralatan Pertahan



KONTAN.CO.ID - ANKARA. Presiden Turki Tayyip Erdogan menyerukan agar sanksi Amerika Serikat (AS) yang menghalangi beberapa pembelian pertahanan oleh negaranya dicabut dan agar tindakan "sepihak" lainnya yang menghambat kemampuan sekutu NATO untuk mencapai target perdagangan bilateral jangka panjang dicabut.

Hubungan antara sekutu tegang karena sejumlah masalah dalam beberapa tahun terakhir, mulai dari perbedaan kebijakan di Mediterania timur, Suriah, dan Gaza hingga pembelian sistem pertahanan udara S-400 Rusia oleh Ankara, yang mendorong sanksi AS dan pencabutan Turki dari program jet tempur F-35 pada tahun 2019.

Setelah itu, Ankara berupaya untuk mendapatkan 40 jet tempur F-16 Block-70 dan 79 perlengkapan modernisasi dari Washington. 


Kesepakatan itu disetujui setelah Turki merestui tawaran NATO dari Swedia, yang juga menyebabkan mencairnya hubungan.

Ankara dan Washington memiliki tujuan jangka panjang perdagangan bilateral senilai US$100 miliar, naik dari sekitar US$30 miliar pada tahun 2023.

Baca Juga: Levi Strauss Prediksi Target Pendapatan Meleset di Tahun 2027

Selama kunjungan ke New York untuk menghadiri Sidang Umum PBB, Erdogan mengatakan kepada para pebisnis Turki dan Amerika bahwa meskipun ia yakin tujuan tersebut dapat dicapai, kerja sama dalam industri pertahanan sangat jauh dari potensinya karena pembatasan yang masih berlaku.

"Untuk itu, penerapan sepihak seperti tarif tambahan di sektor besi, baja, dan aluminium, penyelidikan, dan sanksi CAATSA perlu dibatalkan," katanya pada hari Senin, mengacu pada Undang-Undang Melawan Musuh Amerika Melalui Sanksi (CAATSA).

"Saya harap kita telah membuka lembaran baru dengan proyek modernisasi F-16, dan kami berharap pembatasan ekspor di bidang ini akan dicabut secara permanen," tambah Erdogan.

Ia juga mengatakan Turki menguntungkan bagi rantai pasokan, dengan mengutip kerja sama dalam produksi dan pengadaan amunisi 155 mm - peluru yang digunakan dalam perang Ukraina-Rusia. 

Baca Juga: Albania Berencana Bentuk Negara Islam Mikro ala Vatikan

Washington juga telah menjatuhkan sanksi kepada beberapa individu dan perusahaan Turki karena melanggar sanksi terhadap Rusia. 

Turki mendukung Ukraina, tetapi menentang sanksi tersebut dan mengatakan sanksi tersebut tidak akan dielakkan di wilayah Turki.

Selain F-16, Turki juga tertarik pada jet Eurofighter Typhoon dari Jerman, Inggris, dan Spanyol, tetapi mengeluhkan kurangnya kemajuan karena keengganan Berlin.

Pada hari Senin, Erdogan bertemu dengan Kanselir Jerman Olaf Scholz di New York, kata kantornya, seraya menambahkan bahwa ia telah menyampaikan kesiapan Ankara untuk meningkatkan kerja sama di setiap bidang dan memanfaatkan peluang bersama yang akan menguntungkan kedua belah pihak.

Baca Juga: Boeing Usulkan Tawarkan Terakhir pada Ribuan Karyawannya yang Mogok

Selanjutnya: Astra Komitmen Turunkan Emisi Industri Otomotif di Green Initiative Conference

Menarik Dibaca: Astra Komitmen Turunkan Emisi Industri Otomotif di Green Initiative Conference

Editor: Tri Sulistiowati