Prima Cakrawala Abadi bakal ekspor rajungan merek sendiri tahun ini



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Prima Cakrawala Abadi Tbk (PCAR) pada tahun ini akan mulai melakukan ekspor rajungan label sendiri ke Amerika Serikat. Sejak ekspor perdana tahun 2014, Amerika Serikat memang menjadi captive market perusahaan.

Manajemen PCAR melalui keterbukaan informasi menyampaikan ekspor merek sendiri tidak hanya dilakukan ke Amerika Serikat tapi juga akan menyasar pasar Eropa. Penetrasi penjualan langsung dengan merek sendiri merupakan salah satu strategi perusahaan untuk bertumbuh di tahun ini.

"Mulai tahun 2017, perseroan mulai mengembangkan potensi market lokal, di mana penjualan lokal di tahun 2017 meningkat menjadi 3% dibandingkan dengan penjualan ekspor," ujar manajemen dalam keterbukaan informasi, Rabu (7/2).


Tahun lalu ekspor ke Amerika Serikat menembus 389.038 kg sedangkan ke pasar domestik tercatat sebanyak 20.531 kg. Pada tahun 2018, PCAR juga akan memodernisasi mesin-mesin yang dimiliki untuk meningkatkan efisiensi biaya produksi.

Selain itu, perusahaan juga akan meningkatkan kemitraan dengan nelayan lokal. Salah satunya dengan memberikan pembiayaan kegiatan operasional dan down payment kapal dan alat tangkap untuk para nelayan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sofyan Hidayat