Privy Lakukan Penandatanganan “Cross Border” Perusahaan Indonesia dan Australia



MOMSMONEY.ID - Perkembangan teknologi digital membawa perubahan yang sangat signifikan, seperti pada bidang bisnis dan perdagangan. Perusahaan dan pengusaha dapat membuka peluang baru untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi memperluas pasar baik di dalam maupun di luar negeri. Dimensi ruang dan waktu tak lagi menjadi hambatan dalam aktivitas berbasis digital saat ini.

Perusahaan rintisan tanda tangan elektronik (TTE) tersertifikasi, Privy memfasilitasi penandatangan dokumen perjanjian lintas negara (cross border) perusahaan di Indonesia dan Australia secara daring pada acara Trade Expo Indonesia 2024 di ICE BSD, Tangerang, Banten, akhir pekan lalu. Penandatanganan perjanjian kerjasama antara PT Doa Bangsa Agrobisnis yang berkedudukan di Jakarta menunjuk Expert Trading Consulting Australia Pty Ltd sebagai perwakilan pemasaran (Marketing) sekaigus mempromosikan dan membangun pasar di Australia.

“Melalui aplikasi tanda tangan elektronik tersertifikasi milik Privy, sangat menjamin keutuhan isi dari perjanjian dan tidak dapat diubah setelah ditandatangani. Integritas dari isi perjanjian bersifat nirsangkal dan terjamin keabsahannya,” ungkap President Director PT Doa Bangsa Agrobisnis, Hikmat Taufik melalui keterangan resminya. 


Penandatanganan kerjasama cross border Indonesia-Australia ini bernilai US$ 15.000.000 disaksikan Atase Perdagangan Canberra, Agung Haris Setiawan dan dilakukan secara bersamaan tanpa menemui kendala berarti.

“Kami sangat berterima kasih kepada Privy yang memfasilitasi perjanjian ini menjadi lebih mudah, efisien dan lebih terpercaya,” ujar Director Expert Trading Consulting Australia Pty Ltd.

Baca Juga: Privy Dukung Keamanan Siber di Dunia Perbankan dengan Sertifikasi Elektronik

Menurutnya, peranan teknologi digital sangat penting dalam mendorong pertumbuhan bisnis dan perdagangan saat ini, sehingga pemanfaatannya perlu ditingkatkan oleh banyak pihak di waktu yang akan datang.

Sementara itu, CEO Privy Marshall Pribadi menyambut baik kerjasama kedua perusahaan berbeda negara tersebut dengan menggunakan TTE dari Privy. Menurutnya, teknologi digital tidak hanya berperan dalam meningkatkan produktivitas di suatu perusahaan, tetapi juga mampu mendorong pertumbuhan perekonomian.

“Dengan pemafaatan teknologi yang tepat, institusi bisnis dan pengusaha mendapatkan keuntungan yang besar seperti dapat menekan biaya produksi, meningkatkan daya saing serta pada akhirnya mendorong pertumbuhan ekonomi bangsa,” ungkap Marshall.

Selain perusahaan dari Australia, Privy memfasilitas penandatanganan kerjasama bisnis perusahaan Indonesia  lainnya dengan Vietnam dan Korea di acara TEI 2024. Tercatat total nilai perjanjian sebesar US$ 19.000.000. Selain itu, Privy juga dipercaya perusahaan asing dari Australia, Vietnam dan Korea untuk menyediakan perjanjian kerjasama menggunakan TTE dengan total nilai US$ 119.133.000.

Melebihi Target

Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengaku gembira dengan suksesnya kegiatan TEI 2024. Zulkifli juga berharap banyak pihak berkolaborasi dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan perdagangan serta ekspor melalui peningkatan kualitas dan daya saing produk-produk Indonesia.

“Alhamdulillah antusiasme eksportir, buyer, serta investor terhadap TEI tahun ini sungguh luar biasa. Capaian ini lebih banyak karena kita target transaksi US$ 15 Miliar terlampaui menjadi US$ 22,73 miliar,” ucap Zulkifli melalui keterangan tertulis.

Dalam kesempatan yang sama, Privy menerima penghargaan dari Presiden RI Joko Widodo dan Kementrian Perdagangan atas peranan sebagai penyelenggara tanda tangan digital asli Indonesia yang sudah berkontribusi sejak 9 tahun terakhir memfasilitasi pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dan menjadi piranti lunak korporasi Indonesia pertama yang beroperasi di negara maju.“Terima kasih kepada para sponsor, terima kasih Privy, ini adalah anak muda yang hebat,” ujar Zulkifli.

TEI 2024 yang dilaksanakan pada 9-12 Oktober ini diikuti 1.460 peserta dan dihadiri 41.488 visitor dari 140 negara. Privy menjadi mitra tangan resmi atau digital signature partner pada acara tersebut. Selain itu, Privy menjadi salah satu pemenang booth terbaik di kategori 100m2 mengalahkan lebih dari 100 exhibitor lain.

Baca Juga: Privy Dorong Digitalisasi Industri Kesehatan, Kali Ini Berkolaborasi dengan ARSII

Selanjutnya: Popularitas Kamala Harris Menurun Kurang dari Sebulan Jelang Pemilu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Jane Aprilyani