JAKARTA. Komitmen perbankan untuk meningkatkan minat masyarakat menabung hanya seumur jagung. Hingga Juni 2013, secara tahunan TabunganKu hanya tumbuh 8%, di bawah rata-rata pertumbuhan sebelumnya yang di atas 10%. Sejak meluncur hingga Desember 2012, TabunganKU menghimpun dana Rp 20 triliun. Jumlah itu dari 4,7 juta rekening. Direktur Eksekutif Pengawasan dan Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Menengah (UMKM) Bank Indonesia (BI), Eni V Panggabean, mengatakan rendahnya pertumbuhan TabunganKu karena terjadi persaingan internal antara produk tabungan bank dengan TabunganKu. Account officer (AO) memilih menawarkan produk tabungan milik bank ketimbang TabunganKu. "Kami meminta tim kelompok kerja (pokja) meningkatkan penetrasi mereka," ujarnya pekan lalu.
Produk TabunganKu hanya tumbuh 8%
JAKARTA. Komitmen perbankan untuk meningkatkan minat masyarakat menabung hanya seumur jagung. Hingga Juni 2013, secara tahunan TabunganKu hanya tumbuh 8%, di bawah rata-rata pertumbuhan sebelumnya yang di atas 10%. Sejak meluncur hingga Desember 2012, TabunganKU menghimpun dana Rp 20 triliun. Jumlah itu dari 4,7 juta rekening. Direktur Eksekutif Pengawasan dan Pengembangan Usaha Mikro, Kecil Menengah (UMKM) Bank Indonesia (BI), Eni V Panggabean, mengatakan rendahnya pertumbuhan TabunganKu karena terjadi persaingan internal antara produk tabungan bank dengan TabunganKu. Account officer (AO) memilih menawarkan produk tabungan milik bank ketimbang TabunganKu. "Kami meminta tim kelompok kerja (pokja) meningkatkan penetrasi mereka," ujarnya pekan lalu.