Produksi Beras Hadapi Banyak Tantangan, Bulog Singgung Perubahan Iklim



KONTAN.CO.ID - NUSA DUA. Produksi beras dihadapkan dengan banyak tantangan dan tengah menjadi perhatian dunia. 

Direktur Transformasi dan Hubungan Kelembagaan, Perum Bulog Sonya Mamoriska mengatakan salah satu tantangan terbesarnya berkaitan dengan perubahan iklim yang mempengaruhi hasil panen beras ditingkat global. 

"Perubahan ini tidak hanya mengganggu sistem pertumbuhan, tetapi juga memperburuk kelangkaan air, sumber daya penting untuk budidaya padi," kata Sonya dalam Indonesia International Rice Conference (IIRC) 2024 di Nusa Dua, Bali, Kamis (19/9). 


Selain perubahan iklim, industri beras juga bergulat dengan gangguan hama dan gulma yang kian beragam dan sulit diberantas. 

Baca Juga: Erick Thohir Angkat Wahyu Suparyono Sebagai Dirut Bulog, Gantikan Bayu Krisnamurthi

Kemudian, isu peningkatan biaya input seperti pupuk dan energi yang semakin menambah beban petani. 

"Dampaknya banyak petani yang semakin sulit mempertahankan operasi yang menguntungkan," jelas Sonya. 

Lebih jauh lagi, meluasnya konflik geopolitik juga menjadi isu yang menganggu rantai pasok beras secara global. Dampaknya, harga beras  cenderung kerap mengalami perubahan harga yang tak menentu. 

Untuk itu, Sonya menilai tantangan-tantangan ini memerlukan solusi bersama yang kongkrit, inovatif, berkelanjutan. 

Menurutnya, setiap pemangku kepentingan memiliki peran untuk menjaga produksi beras. Misalnya, bagi peneliti diharapkan dapat mengembangkan varietas padi baru yang dapat bertahan terhadap obat-obatan dan hama. 

Sementara bagi pembuat kebijakan adalah menciptakan dan mendukung inovasi, investasi dan praktik berkelanjutan di seluruh rantai pasok industri beras. 

"Perjalanan menuju ketahanan membutuhkan kolaborasi dan tindakan kolektif, pemerintah, pelaku sektor swasta, petani, peneliti, dan masyarakat harus bekerja sama, berbagi pengetahuan, sumber daya, dan teknologi," ujarnya Sonya.

Baca Juga: Program Makan Bergizi Gratis Berpotensi Naikkan Impor Pangan

Diketahui, gelaran IIRC 2024 ini juga diharapkan menjadi wadah untuk mencari solusi bersama terkait isu ketahanan pangan khususnya beras ditingkat global. 

IRRC 2024 sendiri dihadiri oleh ratusan pelaku industri perberasan dari 16 negara di belahan dunia. Adapun acara ini akan berlangsung di Bali pada 19-21 September 2024. 

Selanjutnya: Grup GoTo Tunjuk William Xiong sebagai Chief Technology Officer

Menarik Dibaca: Cek di Sini! Berikut Kadar Kolesterol Normal Menurut Usia yang Penting Diketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat